Lokasi Menakjubkan Saat Berkunjung ke Abu Dhabi

Lovre Abu Dhabi
Sumber :
  • stuff.co

VIVA.co.id – Museum Louvre Abu Dhabi terlihat cantik saat jelang malam, diterangi senja setelah Matahari terbenam di atas Teluk Arab. Kubah dangkalnya berkilauan seperti seribu bintang di langit malam gurun dan terlihat elegan dengan arsitektur bergaya Timur Tengah.

Hotel Mewah Warner Bros 8 Lantai Akan Dibangun di Abu Dhabi

Dilansir stuff.co, Louvre Abu Dhabi dibuka dan diperkenalkan pada 2017 serta dirancang oleh Jean Nouvel, arsitek pemenang Pritzker Prize Prancis. Tanda tangannya berdiameter 80 meter pada kubah putih, katanya, membangkitkan perbandingan dengan "masjid, makam, dan madrasah".

Pada siang hari, pola bukaan geometris yang dirancang dengan hati-hati akan memungkinkan cahaya masuk ke museum, terinspirasi oleh efek yang dihasilkan daun kelapa saat digunakan sebagai bahan atap di rumah tradisional. Pada malam hari, lubang yang sama akan terlihat berkelap-kelip ajaib dari cahaya lampu menerangi.

Telah Hadir Motor Ambulans Unik, Solusi di Tengah Kemacetan

Diberitakan, Louvre merupakan kemitraan antara Prancis dan emirat Abu Dhabi yang diprediksikan menjadi museum kelas dunia. Didedikasikan untuk mengeksplorasi hubungan dan pengaruh antara berbagai budaya. 

Museum itu akan memberikan wawasan unik tentang sejarah manusia melalui karya seni, patung, dan benda yang tidak biasa terlihat di bawah atap yang sama.

Museum Seni Terbesar Dunia Segera Dibuka di Abu Dhabi

Louvre Abu Dhabi adalah yang pertama dari lima ikon museum yang masing-masing dirancang oleh arsitek terkenal. Louvre memang telah dirancang, disetujui, dan dimaksudkan untuk mengubah Abu Dhabi menjadi pusat seni serta budaya internasional.

Selain Museum Louvre Abu Dhabi, baru-baru ini, ada tempat-tempat menakjubkan lainnya yang wajib diperhatikan saat berkunjung ke Abu Dhabi.

Sheik Zayed Grand Mosque

Menurut penghargaan 2016 Travel Traveler's Choice, Masjid Agung ini terpilih sebagai tengara kedua yang paling menonjol di planet ini setelah Machu Picchu (di depan Angkor Wat, Basilika Santo Petrus, dan Taj Mahal).

Masjid Besar Au Dhabi

Sementara itu, tidak ada yang menyangkal hal ini adalah salah satu masjid terbesar dan paling menakjubkan di dunia, yang mampu menampung 41.000 jemaah sekaligus.

Dibuka pada 2007, dibutuhkan waktu 11 tahun untuk membangun dan menjadi visi manusia yang dinamai Sheik Zayed (makamnya berada di tempat yang sama).

Beberapa arsitek terlibat dalam mewujudkan mimpinya untuk "mempersatukan dunia" melalui sebuah desain yang meleburkan tiga gaya arsitektur masjid yang berbeda (bahasa Persia, Moor, dan Moghul) dengan menggunakan perajin dan bahan dari Italia ke India, Maroko hingga Malaysia.

Terasa tenang di marmer putih dan daun emas 24 karat, 82 kubah, empat menara, 1.000 kolom, tujuh lampu gantung terbesar yang pernah dibuat dan karpet rajutan tangan terbesar di dunia (buatan Iran menggunakan wol Selandia Baru), masjid masih menjadi tempat kontemplasi yang sungguh-sungguh terlepas dari kemewahannya.

Abu Dhabi Presidential Palace

Masyarakat tidak bisa masuk di tempat yang dianggap sebagai istana kepresidenan paling mahal yang pernah dibangun. Tapi, Anda pasti bisa mengagumi kemewahannya dari kejauhan.

Dengan luas lebih dari 150 hektare, bangunan di depan laut di sebelah Emirates Palace Hotel itu, merupakan kompleks dengan banyak berkubah putih dan dirancang oleh Konsultan Teknik Arsitektur Ewan yang berbasis di Abu Dhabi.

Istana kepresidenan Abu Dhabi

Lebih dari sekadar tempat tinggal untuk presiden UEA saat ini (putra Sheik Zayed, Khalifa bin Zayed Al Nahyan), tapi ini adalah kursi pemerintahan UEA, yang berisi kantor wakil presiden, pangeran mahkota, dan sejumlah menteri.

Istana pusat lebih dari 16.000 meter persegi dan mencakup beberapa sayap VIP, Majlis (ruang pertemuan tradisional) dan ruang makan serta aula media dan pusat pers. Sekitar 23.000 sqm bangunan tambahan menggabungkan sebuah masjid, pangkalan militer, dan koleksi mengesankan dari lengkungan kemenangan, gerbang rumah dan menara pengawas.

Emirates Palace Hotel

Ketika datang ke hotel UEA, kebanyakan orang mungkin langsung memikirkan Dubai yang terdapat Burj Al Arab Jumeirah.

Namun, saat dibuka pada 2006, Emirates Palace adalah hotel termahal yang pernah ada. Sekarang menjadi nomor 2 setelah Marina Bay Sands di Singapura.

Dirancang oleh John Elliott kelahiran Inggris, dari Wimberly, Alison, Tong dan Goo, yang memproklamirkan diri sebagai "hotel bintang tujuh pertama di dunia" itu sengaja disusun, dibiayai dan dibangun oleh pemerintah Abu Dhabi untuk membuat pernyataan besar tentang kota tersebut. 

Bangunan berkarat 114 yang membentang sejauh satu kilometer dari ujung sayap satu ke ujung sayap lainya, dikelilingi oleh 40 hektare kebun yang rimbun antara Corniche dan pantai pribadi serta Hotel Marina.

Bahkan, jika tidak mampu tinggal di salah satu dari 302 kamar atau 92 suite, ada baiknya mengunjungi lobi seluas marmer dengan kubah tengahnya yang besar 72 meter di atas tanah.

Memesan "gold-flaked cappuccino” atau cappuccino di hotel dengan serpihan emas (benar-benar adalah debu daun emas 24 karat yang dapat dimakan di atas kopi). Lantai atas "ruler suite" disediakan untuk kepala negara atau pemerintahan (George W. Bush dan Tony Blair adalah ‘penghuni’ sebelumnya).

Namun, jika Anda memiliki uang US$15 ribu atau Rp195 juta, pesanlah semalam di salah satu suite mewah di lantai di bawah tempat orang-orang seperti Elton John, George Michael, dan Michael Jackson tinggal (meski tidak pada saat bersamaan). 

Ferrari World

Mungkin hal pertama yang akan Anda lihat saat terbang ke Abu Dhabi adalah atap merah raksasa yang melengkung dari satu-satunya taman hiburan di dunia yang didedikasikan untuk ikon Formula 1.

Ferarri World Park Abu Dhabi

Ferrari World, yang dibuka pada 2010, dinyatakan sebagai objek wisata terkemuka di Timur Tengah dalam World Travel Awards 2015. Desain pemenang penghargaan, struktur kerangka ruang angkasa terbesar yang pernah ada ini adalah karya kelompok Benoy internasional.

Bangunan khas "dipahami sebagai bentuk pelukan sederhana, tumbuh dari bentang alam dalam garis-garis yang mengalir seperti gundukan pasir merah". Desainnya memberi penghormatan baik pada marque Ferrari dan "kurva ganda berliku-liku dari cangkang tubuh Ferrari yang tak terhitung jumlahnya".

Ferrari World adalah taman hiburan indoor terbesar di dunia, atap seluas 200.000 meter persegi yang mampu berkembang dan berkontraksi dengan perubahan suhu yang menantang di Abu Dhabi. 

Yas Viceroy Abu Dhabi Hotel

Ya, ini adalah satu-satunya hotel bintang lima di dunia yang dibangun di atas balapan Formula 1. Sirkuit Yas Marina yang sekarang menjadi tuan rumah kontes terakhir musim ini.

Tapi desain futuristik, oleh Hani Rashid dan Lise Anne Couture dari Asymptote Architecture New York, akan memenangkan tepuk tangan di mana pun ia berada.

Dibuka pada 2009, konsepnya tergolong sederhana. Dua menara hotel 12 lantai yang cukup konvensional membentuk skelton, satu set dalam rangkaian balapan dan yang lainnya di dalam marina, dihubungkan oleh sebuah jembatan kaca serta baja di atas jalur.

Tapi selama ini, Rashid dan Couture membungkus sebuah jaringan kaca dan baja spektakuler yang dikenal sebagai Shell Grid. Elegan di siang hari, dan benar-benar datang ke dirinya sendiri di malam hari, berkat lebih dari 5.000 lampu LED yang berubah warna.

Perlakukan diri Anda untuk makan malam atau menikmati koktail di salah satu dari tujuh restoran hotel atau tiga bar, dan kagumi pertunjukan cahaya imajinatif. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya