Tips Atasi Hal Tak Terduga Kala Mudik

Berlibur hemat dan menyenangkan
Sumber :

VIVA.co.id – Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi tahunan menjelang hari Lebaran. Kegiatan mudik mungkin menjadi salah satu hajatan besar masyarakat Indonesia, karena Lebaran tanpa mudik rasanya kurang lengkap.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Saat menjelang Lebaran atau hari raya, Anda sudah sibuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Mulai dari pakaian, kue, kendaraan, juga biaya khusus untuk mudik Lebaran, apabila Anda merupakan seseorang yang wajib mudik.

Persiapan yang matang untuk biaya mudik Lebaran ini menjadi hal yang wajib dilakukan agar rencana pulang kampung menjadi menyenangkan dan sesuai dengan harapan Anda. Tentu saja, merayakan Idul Fitri bersama keluarga sudah terbayang jelas dalam benak Anda.

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Meski segala sesuatu sudah dipersiapkan secara matang dan detail, saat merayakan Lebaran di kampung halaman, ada saja hal-hal tak terduga yang terjadi dan butuh solusi tepat secepatnya.

Berikut tips menghindari hal-hal yang tidak terduga:
1. Pemberian Angpau
Bagi para perantau, mudik menjadi momen yang membanggakan karena Anda sudah dianggap sukses di perantauan. Saat mudik, Anda sebaiknya tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak penting. Selalu hitung jumlah keponakan dan sanak saudara sebelum membagikan angpau Lebaran. Selain mengontrol pengeluaran biaya mudik Lebaran, membuat list seperti ini juga memudahkan Anda mengingat nama mereka saat mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi. Namun, ada baiknya Anda menyiapkan angpau cadangan dan lembaran uang baru dengan nominal lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika ada orang lain yang ingin diberikan angpau juga.

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

2. Jaga Kondisi Tubuh
Saat mudik, Anda akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini tentu membutuhkan kondisi tubuh yang bugar dan prima. Lalu, bagaimana jika Anda malah sakit atau merasa lelah saat mudik? Hal ini perlu diwaspadai karena pengeluaran lebih untuk obat juga dapat membebani biaya mudik Lebaran Anda. Jagalah kesehatan tubuh dengan selalu konsumsi makanan sehat, minum vitamin, lakukan olahraga, dan istirahat yang cukup.

3. Biaya Rekreasi
Momen mudik bisa dimanfaatkan untuk rekreasi bersama keluarga. Menikmati objek wisata di kampung halaman yang belum pernah Anda kunjungi pasti merupakan salah satu agenda sendiri. Hal ini bukanlah suatu masalah jika Anda telah memasukkan bujet rekreasi ke biaya mudik Lebaran. Ada baiknya jika hal ini Anda batasi saat tak memiliki bujet khusus agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Selain itu, Anda sebaiknya memilih tiket masuk yang gratis dan membuat konsep piknik keluarga dengan membawa bekal dari rumah, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

4. Batal Pulang Sesuai Jadwal
Memang tak dapat disangkal jika Anda lupa waktu saat berada di kampung halaman. Momen mudik bisa membuat Anda terlalu nyaman dengan suasana hangat bersama keluarga besar. Oleh karena itu, tak sedikit perantau yang ingin memperpanjang waktu untuk tinggal lebih lama di kampung halaman. Jika Anda adalah perantau yang mudik dengan naik pesawat, jangan khawatir dengan hal tersebut. Anda dapat mengubah jadwal penerbangan dengan mudah menggunakan Easy Reschedule dari Traveloka. Selain itu, untuk mendapatkan kemudahan untuk perjalanan mudik lainnya, Anda pun bisa menggunakan fitur Price Alerts, Flight Reminder, Online Refund, dan Multiple Payment Methods.

Dengan empat tips di atas, semoga Anda bisa merencanakan mudik, juga menyiapkan solusi untuk segala hal tak terduga yang bisa saja terjadi di kala itu. Ingat, siapkan angpau cadangan, jaga kondisi tubuh, atur biaya rekreasi, dan pesan tiket pesawat di situs booking online yang dapat memudahkan segala keperluan perjalanan mudik Anda.

Selamat mudik dengan aman dan nyaman!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya