Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 00:00 WIB
  • Tips Memilih Penginapan Agar Hemat

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Tips Memilih Penginapan Agar Hemat
Photo :
Berlibur bersama Traveloka

VIVA.co.id – Adanya tanggal merah dan cuti bersama di saat hari Lebaran tentunya menjadi kesempatan sempurna untuk berlibur, bukan?

Bila Anda berniat untuk berlibur tentunya akan dihadapkan pada anggaran biaya penginapan. Kemungkinan terbesarnya adalah saat musim liburan tiba, pasti biaya kamar per malam akan melonjak naik.

Para pelaku bisnis perhotelan tahu betul caranya meningkatkan tarif saat liburan tiba dan sebagai pengunjung juga harus cerdas menyikapi hal ini. Para wisatawan biasanya memilih hotel dengan fasilitas terbaik dan terdekat dengan lokasi wisata.

Sementara itu, semua orang bisa saja memilih tipe penginapan tanpa memikirkan biayanya. Namun, bagi orang yang memiliki biaya minim, hal ini tentunya akan menjadi ‘pil pahit’. Ada banyak cara hemat untuk menemukan tempat untuk bermalam tanpa membuat anggaran Anda bengkak.

Jika Anda sudah menentukan tempat tujuan dan sedang mencari alternatif penginapan yang hemat namun sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengikuti beberapa tip ini:

Pertama, tentukan jenis penginapan yang sesuai dengan kepribadian dan bujet Anda. Bagi orang yang suka berpetualang dan tidak masalah tidur di sebuah ranjang susun bersama para wisatawan lainnya, maka hostel atau homestay dapat menjadi pilihan Anda.

Namun, bagi Anda yang lebih suka mempunyai kamar pribadi untuk privasi Anda sendiri, tentunya hotel adalah penginapan yang lebih sesuai. Meskipun hotel pada umumnya menawarkan tarif lebih tinggi dari hostel, banyak pilihan hotel bujet yang sering menawarkan tarif tak kalah terjangkau.

Kedua, hindari hotel yang berada di tengah kota, apalagi yang dikelilingi oleh berbagai objek wisata kota tersebut, misalnya di Kuta, Bali. Pada umumnya, harganya juga jauh lebih tinggi dibanding yang berada di pinggiran kota.

Jika destinasi pilihan Anda mempunyai pilihan transportasi umum yang memadai, tentunya Anda tetap bisa menjangkau semua objek wisata yang ingin dikunjungi dengan mudah, meski tidak menginap di pusat kota.

Ketiga, pilih paket penginapan sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Tak jarang, paket penginapan juga sudah termasuk beberapa hal seperti sarapan pagi atau antar jemput dari bandara. Paket seperti ini pada umumnya mendongkrak harga total per malam penginapan Anda.

Jika kemudahan seperti di atas tidak Anda butuhkan, maka Anda dapat memesan kamar saja, dengan harga yang lebih hemat tentunya.

Keempat, booking penginapan di situs pemesanan kamar hotel yang pasti memberikan kemudahan dan harga jujur untuk Anda, seperti Traveloka. Terdapat banyak pilihan penginapan yang bisa Anda pilih, mulai dari homestay, vila, hingga hotel berbintang di dalam maupun luar negeri.

Tinggal pilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet, lalu pesan di Traveloka App atau situs resminya. Selain pasti dapat kamar dan bisa menginap, harga yang ditampilkan pun sudah final, jadi Anda tak lagi dikenakan pajak atau biaya tambahan lainnya.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kartu kredit karena Traveloka menyediakan berbagai macam metode pembayaran, seperti transfer via ATM, hingga via minimarket Indomaret atau Alfamart. Selain itu, tersedia juga program cicilan 0% dari berbagai kartu kredit untuk meringankan beban biaya liburan Anda.

Tak ada salahnya mencoba tips di atas demi mendapatkan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa menguras banyak biaya. Persiapkan segalanya dari sekarang agar liburan hemat Anda saat Lebaran ini menjadi sempurna!