Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 17 Juni 2017 | 11:26 WIB
  • Tips Hemat Liburan Keluarga ke Luar Negeri

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Raudhatul Zannah
Tips Hemat Liburan Keluarga ke Luar Negeri
Photo :
Liburan Keluarga

VIVA.co.id – Musim panas telah tiba dan banyak yang menantikan liburan musim panas ke luar negeri. Namun, dengan harga tiket pesawat dan kurs mata uang yang berfluktuasi, membutuhkan perencanaan yang matang untuk berlibur.

Agar biaya liburan Anda tidak membengkak saat di luar negeri, berikut beberapa tips utama untuk menghemat biaya selama liburan, seperti dikutip Mirror, Sabtu, 17 Juni 2017.

Kurs mata uang

Jika Anda berlibur ke luar negeri, kurs mata uang bisa menjadi salah satu kendala perjalanan Anda. Sehingga diingatkan, jangan menukar uang saat di bandara.

Karena, nilai tukar di bandara secara harfiah lebih tinggi. Maka disarankan agar menukar uang tersebut saat masih berada di negeri sendiri.

Jaringan telepon seluler

Hati-hati saat menggunakan ponsel saat liburan, dan ketahui perbedaan data roaming saat berada di luar negeri. Semua orang kecanduan mengunggah foto liburan di Instagram, Snapchat, dan Facebook.

Nyatanya, mengunggah foto di media sosial membutuhkan data internet yang besar dan boros, sehingga dengan cepat menguras pulsa Anda. Hubungi provider Anda sebelum bepergian ke luar negeri, dan lihat penawaran paket data mereka di luar negeri. Pilih yang sesuai dan sekiranya cukup selama Anda berada di sana.

Penyewaan mobil

Atur mobil sewaan Anda sebelum bepergian. Beberapa hal penting yang perlu diingat saat menyewa mobil di luar negeri adalah periksa kebijakan dalam pengisian bahan bakar.

Beberapa akan membuat Anda melakukan pra-pembelian bahan bakar dan kemudian memberikan pengembalian dana untuk bahan bakar yang tidak terpakai. Hal ini umumnya tidak terlalu hemat biaya.

Pengemudi di bawah usia 25 tahun kemungkinan akan harus membayar biaya tambahan. Anda juga harus memberikan jaminan dengan membeli asuransi tambahan.

Asuransi perjalanan

Mungkin yang paling penting, jangan pergi liburan ke luar negeri tanpa membeli asuransi perjalanan. Beli asuransi perjalanan sebelum semua keperluan liburan Anda dipesan.

Dengan cara itu Anda dilindungi untuk pembatalan jika Anda tidak dapat melakukan perjalanan, karena berbagai alasan. Asuransi perjalanan tentu saja juga akan menutupi biaya pengobatan Anda, sementara di luar negeri jika Anda jatuh sakit, dan memerlukan perawatan medis. (ase)