Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 22:36 WIB
  • Wisatawan Bakal Melonjak saat Lebaran

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Bimo Aria
Wisatawan Bakal Melonjak saat Lebaran
Photo :
Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya

VIVA.co.id – Selama bulan Ramadan, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah wisatawan baik nusantara maupun mancanegara cenderung mengalami penurunan. 

"Kalau puasa, jumlah wisnus dan wisman turun drastis di bulan puasa, wisnus itu 20 juta rata rata per bulan maka per tahun sekitar 240 juta, waktu puasa turun menjadi 50 persen,  tinggal 10 persen," ungkap dia, saat diskusi dan buka puasa bersama di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa 20 Juni 2017. 

Hal ini, menurutnya, karena mayoritas masyarakat yang beragama Islam, cenderung tidak suka berwisata saat puasa. Hal yang sama juga terjadi pada wisatawan Nusantara. 

Menurutnya, jumlah wisman dari negara mayoritas Muslim seperti Malaysia, juga turun kurang lebih 50 persen. Bahkan, jika dikalkulasi secara keseluruhan jumlah wisman bisa turun hingga 90 persen saat Ramadan. 

"Kalau rata-rata satu juta, dia hanya menjadi 90 ribu." tambahnya

Meski demikian, dia menambahkan, untuk wisnus sendiri lonjakan justru akan terjadi pada saat Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, akan terjadi pergerakan besar-besaran pada saat lebaran. 

"Ketika Lebaran terjadi pergerakan besar besaran yang jumlahnya 20 juta. Yang paling tinggi naik pesawat total 20 juta, jadi 10 juta pada saat puasa, total 30 juta, jadi untuk wisnus itu peak season ketika puasa dan Lebaran," ungkap dia. 

Menurutnya, saat momen Hari Raya Idul Fitri, tanpa melakukan upaya promosi, sebanyak 20 juta wisnus akan bergerak dengan sendirinya. Karena itu promosi di setiap daerah harus ditekankan.  

Tambahnya, celah ini padahal juga bisa dimanfaatkan dengan menambahkan promosi destinasi wisata. Menpar sendiri menargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini dan 20 juta wisman pada 2019 mendatang.