UGM Tangkap Puluhan Joki Tes Masuk FK

Suasana tes penerimaan CPNS beberapa waktu silam.
Sumber :
  • Arif Kurniawan | Surabaya Post

VIVAnews - Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menangkap puluhan orang peserta tes jalur masuk mahasiswa baru program Internasional Fakultas Kedokteran yang diduga melakukan pelanggaran dan penyelewengan dalam proses ujian dengan menggunakan joki, Jumat 13 Juli 2012. Puluhan orang itu hingga malam ini masih diperiksa oleh pihak kepolisian Polres Sleman, Yogyakarta.

"Ada 52 peserta yang kami temukan tadi dan langsung kami serahkan kepada pihak Kepolisian Polres Sleman," kata Wijayanti, Humas UGM Yogyakarta kepada VIVAnews, 13 Juli 2012.

Wijayanti menuturkan, pihak panitia tes jalur masuk mahasiswa baru program Internasional Fakultas Kedokteran UGM memeriksa para peserta sebelum tes tulis berlangsung dan dari 430 peserta ditemukan 52 peserta membawa alat komunikasi elektronik yang mencurigakan. "Dalam peraturan para peserta tidak boleh membawa alat komunikasi selama tes (ujian)," ujarnya.

Selain itu, pihak UGM merasa sangat dirugikan dalam aksi perjokian dalam tes masuk mahasiwa baru tersebut. Sebelumnya, lanjut Wijayanti, kasus seperti ini pernah beberapa kali terjadi di UGM.

"UGM sangat dirugikan atas kasus ini, tetapi kami juga senang karena panitia akhirnya bisa mengungkap sindikat perjokian tersebut," ucapnya. "Kami berharap sindikat perjokian ini bisa terungkap".

Kapolres Sleman, AKBP Herry Sutrisman mengatakan, hingga malam ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku yang melanggar tes masuk UGM tersebut. "Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan untuk meminta keterangan kepada 43 orang tersebut," kata dia.

Menurut Herry, kasus perjokian ini cukup unik dan para pelaku menggunakan alat komunikasi yang sudah dirancang dengan rapi. "Operasi mereka sudah profesional dan terorganisasi," tuturnya. (art)

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024