Tips Membuat dan Menjalankan Resolusi Tahun Baru

Ilustrasi resolusi tahun baru
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Tak terasa kita sudah tiba di penghujung akhir tahun. Tahun 2016 pun sudah di depan mata. Seiring bergantinya tahun, maka sebagian besar orang pun membuat resolusi-resolusi yang akan dicapai pada tahun yang baru.

Apa itu resolusi tahun baru? Resolusi tahun baru biasanya berisi daftar hal-hal yang ingin diwujudkan pada tahun baru nanti. Tujuan dibuatnya adalah sebagai target reminder. Cara ini dapat dilakukan untuk membantu Anda agar mudah mengingat hal yang ingin dicapai sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan kapan target tersebut dapat dicapai. Berikut adalah tips-tips untuk membuat resolusi tahun baru Anda dan mencapai resolusi tersebut:

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

1. Evaluasi resolusi Anda pada tahun yang lalu
Langkah pertama ini penting, agar Anda mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam menentukan resolusi selanjutnya. Agar pemicu kegagalan resolusi Anda pada tahun sebelumnya tidak terulang kembali.
   
2. Membuat resolusi yang spesifik
Setelah mengevaluasi resolusi Anda pada tahun sebelumnya, langkah selanjutnya adalah membuat resolusi tahun baru secara spesifik. Mengapa spesifik? Karena jika target resolusi Anda abstrak atau rancu, pastilah pencapaiannya juga tidak maksimal karena sulit menentukan titik keberhasilannya. Buatlah resolusi Anda menjadi lebih spesifik dan ketahuilah dengan baik mengapa Anda menginginkan hal tersebut. Kejelasan dalam menentukan goal akan membantu Anda untuk fokus dalam mengejar keinginan-keinginan tersebut.

3. Menuliskan resolusi Anda
Langkah ini mungkin terkesan simpel, namun dapat berpengaruh besar pada proses pencapaian resolusi Anda. Tulislah resolusi Anda dalam sebuah kertas dan tempelkan pada tempat-tempat yang sering Anda lewati. Dengan cara ini, Anda dapat teringat dengan resolusi-resolusi yang ingin Anda capai.

4. Membuat target
Dengan adanya target yang ingin Anda capai, otomatis Anda pun lebih termotivasi dalam mencapai resolusi Anda. Buatlah target perantara setiap beberapa bulan. Ini fungsinya adalah untuk mengontrol agar kemajuan resolusi Anda stabil dan tidak dikebut menjelang akhir tahun (yang pada akhirnya hanya akan membuat Anda semakin malas untuk mulai melakukannya).

5. Komitmen

Setelah melaksanakan langkah-langkah sebelumnya, kini waktunya bagi Anda berkomitmen untuk menjalankan semua resolusi yang ingin Anda capai agar berhasil. Anda mungkin akan gagal ketika pertama mencoba, namun jangan menyerah dan tetap berkomitmen untuk mewujudkan resolusi Anda hingga berhasil.

6. Dukungan orang sekitar Anda
Support dari orang lain atau bisa disebut dengan motivasi sekunder ini sangat berpengaruh pada saat proses mencapai tujuan. Anda juga bisa meminta kerabat terdekat Anda untuk menjadi pengawas resolusi Anda. Beritahu mereka mengenai resolusi Anda, dan minta bantuan mereka untuk mengingatkan kalau Anda sedang ‘khilaf’ atau memuji Anda jika telah mencapai target tertentu.

7. Catat keberhasilan
Jika suatu resolusi Anda telah berhasil, kini giliran Anda untuk mencatat keberhasilan tersebut. Hal ini sebagai motivasi Anda untuk mewujudkan resolusi-resolusi Anda yang belum tercapai.

8. Beri hadiah untuk diri sendiri
Jika Anda berhasil melaksanakan resolusi-resolusi Anda, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah untuk diri Anda sendiri sebagai penghargaan atas tercapainya resolusi yang telah Anda buat.

Demikian tips membuat dan menjalankan resolusi tahun baru. Semoga tips-tips di atas berguna bagi pembaca sekalian agar resolusi yang akan dibuat dan dijalani dapat membuat tahun yang mendatang semakin lebih baik lagi. (Tulisan ini dikirim oleh Bianca Nuriena Nisa, mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang)

Hadiah lomba

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Acara kali ini bertajuk “Discover the Magic on You”.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016