Pernikahan Sejenis? Periksa Kromosomnya

Ilustrasi pemeriksaan laboratorium
Sumber :
  • aboutlabkes.wordpress.com

VIVA.co.id – Kebetulan Rabu (17/2) pagi ini, tepatnya jam 08.00, saya menonton siaran tvOne yaitu diskusi soal pernikahan sejenis. Sebagai tenaga laboratorium bagian pemeriksaan kromosom, sangat disayangkan dalam diskusi tersebut tidak ditampilkan hasil pemeriksaan kromosom untuk menentukan apakah pengantin "pria"-nya benar-benar seorang pria.

Wahai Orang yang Tidak Berpuasa, Hormatilah Bulan Ramadan

Hal ini menarik buat saya, karena laboratorium kami pernah menerima pasien seorang "wanita" dari Tasikmalaya, Jawa Barat, yang ternyata setelah diperiksa kromosomnya, dia adalah seorang laki-laki (XY).

Pasien tersebut datang ke rumah sakit (RS) karena setelah dewasa, dia merasa bukan perempuan, sementara sejak kecil dia dibesarkan oleh keluarganya sebagai anak perempuan (kromosom XX). Orang tuanya tidak bisa disalahkan karena ada masalah yang tidak jelas atau tidak pasti dari penampakan fisik alat kelamin. Mereka juga tinggal di kampung sehingga mungkin saat lahir tidak berpikir untuk memeriksakannya ke dokter.

Jadi Dewa Mabuk Sehari

Saya menulis surat ini tidak ada hubungannya dengan LGBT (lesbian, gay, biseksual, transeksual, dan interseks), tapi foto-foto pengantin "pria" waktu kecil yang saya lihat mengingatkan saya pada pasien di atas dengan foto-foto masa kecil yang sangat lucu dan cantik sebagai anak perempuan padahal sebenarnya dia seorang laki-laki.

Jadi, saya harap tolong dibantu oleh tvOne agar memberikan kesempatan kepada "pria" ini untuk memeriksakan kromosomnya. Dengan memeriksa kromosom, jenis kelamin seseorang akan diketahui laki-laki atau perempuan. Kalau hasil kromosomnya sudah didapat, kita juga bisa menilai pasangan pengantin ini sejenis atau bukan. Itulah pentingnya memeriksa kromosom seseorang.

Ramadan sebagai Rekonstruktor Social Behavior

(Tulisan ini dikirim oleh Elly Sudjana-Sugiaman, pegawai laboratorium biotek RS. Rajawali, Bandung)

Hari pertama saat berlangsungnya Mubes HIMSI UMI, Makassar.

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris UMI

Acara besar ini akan berlangsung selama dua hari.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2016