Kisah Kakek Penjual Roti Selai

Roti Selai
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Di balik banyak sifat minus gue, kalau gue boleh menilai diri sendiri sebenarnya gue adalah orang yang sangat gak tegaan. Lebih spesifiknya, gue paling gak tega kalau ada orang yang jualan terus gak ada yang beli. Gue selalu memosisikan orang yang jualan adalah nyokap atau bokap gue. Gue jadi mikir, bagaimana coba kalau mama gue yang jualan terus gak ada yang beli? Gue punya rahasia besar yang gak pernah gue kasih tau ke nyokap gue.

Nahas, Pemilik Bakery Legendaris Tewas dalam Mesin Roti

Jadi gini, setiap 17 Agustus di deket Rumah gue kan suka dibikin acara buat memeriahkan hari kemerdekaan. Kebetulan tiap tahun, nyokap gue selalu diminta buat memeriahkan acara. Biasanya nyokap gue suka di suruh jualan, ya, jualan apa aja.

Kadang jualan bolu kukus, lemper, risoles, puding, dll. Salah satu kekhawatiran terbesar gue adalah gue takut kalau gini, orang-orang gak beli di stand nyokap gue, tapi belinya di stand sebelah nyokap. Serius, gue sebagai anak ya, gak tega ngebayangin perasaan nyokap gue kalau itu kejadian.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Menurut kakak gue sih (waktu gue cerita), itu ketakutan yang berlebihan karena setiap tahun nyokap gue jualan selalu habis gak bersisa. Tapi entah kenapa kalau nyokap gue bikin stand, gue luar biasa gak tenang. Biasanya pas hari H, gue bakalan nyuruh tetangga gue yang masih kecil-kecil. Yang umur 5-7 tahun agar jajan di stand nyokap sambil ngomong, "Nih, uang kamu habisin, tapi inget belinya di stand tante ya (nyokap gue), jangan beli di stand orang lain. Terserah mau beli apa, nanti kalau udah beli bawa pulang aja bagi-bagi ke orang rumah."

Gak terasa hampir 10 tahun gue melakukan hal yang sama dan sampai sekarang nyokap gue gak pernah tahu kalau tiap tahun gue jajan di lapak orang tua sendiri. Hahahaha... Jadi bukan sesuatu yang aneh lagi kalau gue terenyuh kalau lihat orang (apalagi kalau udah tua) sedang jualan terus gak ada yang beli.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Belakangan hari ini, ada tukang jualan yang cukup mencuri perhatian gue. Dia kakek berumur (menurut gue sudah 70-75 tahun). Awalnya gue gak ngeh dia jualan apa, tapi belakangan gue tahu kalau dia jualan roti selai yang disimpan dalam kotak panggul.

Awalnya gue gak ngeh roti selai itu apaan. Roti sejenis Bread T*lk or Bread P*int gitu ya? Tapi versi murahnya? Karena penasaran dan kasian gue coba. Unik menurut gue, di jalan protokol seperti ini, diapit deretan bangunan perkantoran yang megah dan puluhan cafe masih ada seorang kakek tua jualan Roti selai.

Karena penasaran plus iba, gue coba buat jajan roti selai itu karena kebetulan banget setiap gue pulang, gue selalu ngelewatin ini kakek yang duduk manis di kolong jembatan layang. Roti selai itu ternyata adalah roti tawar dengan pilihan selai yang bebas kamu pilih. Ada selai strawberry, selai kacang, dan selai coklat.

Harga 1 roti selai adalah seribu rupiah. Iya seribu rupiah, nominal yang mungkin buat sebagian dari kita sudah tidak ada harganya lagi. Jujur, sebenarnya gue itu bukan orang yang terlalu suka selai, tetapi demi si kakek ini gue mencoba belajar buat suka.

Kalau kamu tanya rasanya gimana, ya rasanya kayak roti tawar dikasih selai. Gak ada yang spesial. Gue merasa iba melihat si kakek tiap hari duduk di bawah jembatan layang. Kalau gue perhatiin kok rasanya gak ada yang beli. Apa karena jajanan ini sudah dianggap kuno? Gue jadi mikir juga, kalau misalnya itu roti selai habis semua, kayaknya si kakek cuma bakalan dapet 15-20 ribu. Apa cukup buat makan?

Semurah-murahnya gue makan di warteg tetap aja keluar 10-15 ribu. Si kakek sehari-hari makannya gimana ya? Aneh memang, entah gue yang terlalu sentimentil atau gimana, gue malah jadi mikirin hal yang sebenarnya bukan urusan gue sama sekali. Karena kasian, gue jadi kepikiran buat traktir dia makan.

Nyokap gue pernah ngomong dibanding kita kasih uang ke orang lain mendingan kita kasih dia makan. Bukannya suudzon, ya, bakalan mubazir banget kalau uang yang kita kasih malah dipakai buat beli rokok dibanding beli makan.

Di tas gue sekarang ada dua nasi bungkus. Nasi bungkus pertama rencanya mau gue kasih buat kakek dan nasi bungkus kedua buat gue sendiri. Isi nasi bungkus pertama nasi + ayam + telur + sayur + tahu + tempe. Sengaja gue isiin banyak biar si kakek kenyang. "Kek, roti selainya 5, ya. Buat saudara saya di rumah. Selainya dicampur aja," kata gue. "Oh iya dek,” jawab kakek.

Dengan cekatan si Kakek langsung meracik roti selai pesanan gue. "Kek, makan bareng saya, yuk. Saya janjian makan sama temen saya, tapi temen saya malah gak bisa datang padahal sudah saya beliin. Kalau saya bawa pulang ke kost juga mubazir, gak ada yang makan," kata gue ngebokis. "Aduh, jangan Dek. Gak enak saya," kata si kakek. "Ayo kek, gak apa-apa. Dibanding gak ada yang makan," kata gue setengah memaksa sambil menjuluarkan nasi bungkus itu.

"Kakek tunggu di sini ya, saya beli minum dulu. Beli nutrisari saja ya Kek, samain sama saya." "Jangan, jangan Dek. Gak usah, ini sudah lebih dari cukup." Setelah sedikit berdebat akhirnya si kakek mau nerima nasi bungkus + nutrisari dingin.

Gue makan di sebelah kakek sambil bercerita banyak hal. Bisa panjang kalau misalnya gue tulis di sini apa yang diceritain oleh si kakek. Intinya gue mendapat banyak hal yang baru tentang berjuang dan berusaha. Bener kata kakek, kita gak pernah tahu, Tuhan bakalan kasih apa ke kita, tapi di balik semua usaha yang kita lakukan, Tuhan pasti kasih yang terbaik.

Tuhan tidak pernah terlambat. Dia juga tidak tergesa-gesa. Dia selalu tepat waktu.Gue bukan orang yang bakalan nyumbang ketika dompet amal dibuka di televisi atau di koran. Gue juga bukan orang yang akan terlibat ke organisasi sosial buat ngumpulin sembako atau datang ke lokasi bencana buat kasih bantuan.

Jelas itu bukan style gue. Tapi dengan roti selai di tangan kiri gue dan melihat si kakek senang dan bersyukur karena bisa makan enak, entah kenapa gue ngerasa jauh lebih baik dari mereka. (Cerita ini dikirim oleh Stefanus Sani, Bandung, Jawa Barat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya