Dian Sastro Napak Tilas di Ruang Pingitan RA Kartini

Dian Sastro di Ruang Pingitan Almh.RA Kartini, Pendopo Kabupaten Jepara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Artis Dian Sastro Wardoyo dalam tiga bulan ini sudah dua kali mengunjungi Jepara, Jawa Tengah. Pertengahan April lalu ia tiga hari di Jepara, menghadiri Festival Kartini dalam rangka Hari Kartini 21 April 2016. Dan akhir Juni 2016 ini, ia kembali ke Jepara terkait rencana pembuatan film layar lebar RA Kartini yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Dian Sastro Gak Terima Debut K-Pop Dita Karang Dianggap Cuma Beruntung

Dalam film itu, Dian Sastro dipercaya menjadi pemeran utamanya. Dalam kunjungan terakhir ini, Dian Sastro melaksanakan ritual batin napak tilas kehidupan pahlawan nasional Indonesia, RA Kartini. Dia berusaha menyerap aura kehidupan RA Kartini di tempat-tempat yang dulu dipakai RA Kartini beraktivitas semasa hidupnya.

Hadi Priyanto, Kasubag Humas Setda Jepara, mendampinginya selaku konsultan. Ketika berada di Ruang Pingitan semasa RA Kartini mulai memasuki fase akil-balik, Dian Sastro merenung dan batinnya dikonsentrasikan. Di ruang bagian dari Pendopo Kabupaten Jepara itu, RA Kartini mengalami tekanan batin luar biasa. Dia dipingit atau dikucilkan, dilarang berkomunikasi dengan siapapun kecuali dengan keluarga.

Potret Lebaran Dian Sastrowardoyo hingga Raffi Ahmad di Tengah Corona

Dari ruang ini, RA Kartini bertekad ingin memperjuangkan emansipasi kaum wanita Indonesia. Kali ini selama kurang lebih tiga hari di Jepara, Dian Sastro Wardoyo juga akan melihat lokasi-lokasi lain. Lokasi yang pernah bersinggungan erat dengan kegiatan pribadi RA Kartini semasa hidup.Dia berharap dengan perenungan, penghayatan, dan napak tilas itu menjadi bekal berharga buatnya, sehingga mampu tampil prima di film RA kartini nanti. (Tulisan ini dikirim oleh Heru Christiyono Amari, Pati, Jawa Tengah)

Dita Karang

Dita Karang Ungkap Perjuangannya Jadi Artis K-Pop

Dita Karang menjadi member girlband Secret Number.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2020