Cerita di Balik Sepiring Nasi Campur

nasi campur
Sumber :

VIVA.co.id – Di balik banyaknya sifat minus saya, kalau saya boleh menilai diri sendiri, sebenarnya saya adalah orang yang mudah iba dan tidak tegaan. Lebih spesifiknya, saya paling enggak tega dan paling enggak bisa lihat kalau ada orang yang jualan, tapi sepi atau tidak ada yang beli. Selama saya ada uang lebih, biar saya tidak suka dan tidak butuh barangnya, pasti saya beli. Saya selalu suka melihat wajah si penjual yang senyum semringah dan memancarkan kesenangan ketika saya membeli barang dagangannya.

Pergilah Dinda Cintaku

Ketika saya beli balon seharga 2 ribu rupiah dari tukang balon di depan sebuah mall, saya masih ingat banget sama mimik mukanya yang sangat senang. Sambil memberikan balonnya dia bilang, "Semoga anaknya di rumah senang dibawain balon sama bapaknya." Biarpun saya belum punya anak dan isteri, tapi jujur saya senang banget loh pas dia bilang begitu.

Sedikit menilik lima tahun ke belakang, ada satu hal yang sampai sekarang lumayan bikin saya menyesal. Ini cerita di tahun 2008, waktu saya belum seperti sekarang. Dulu, salah satu kebiasaan saya di tahun 2008 sebelum pulang ke rumah adalah mencari tempat yang menyediakan jasa wifi gratis. Selain buat cari referensi, saya juga perlu buat kirim e-mail kerjaan, dll. Saat itu, harga modem masih mahal. Mau pasang internet di rumah juga harganya belum semurah sekarang. Pilihan buat cari wifi gratisan adalah solusi paling pas buat saya.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Kebetulan salah satu mall yang ada di dekat rumah saya menyediakan jasa wifi di lantai food court-nya. Mall-nya sepi banget, kalau kata teman saya tempat itu lebih layak dibilang kuburan dibanding mall. Buat yang kenal saya, pasti tahu banget kalau saya tidak terlalu suka tempat yang ramai dan riuh. Nah, mall ini adalah pilihan utama saya buat internetan. Bahkan, setiap ada yang mengajak saya ketemuan, pasti saya selalu merekomendasikan tempat ini.

Karena tempat untuk wifi cuma ada di lantai food court, hampir setiap sore sebelum pulang saya selalu ada di lantai 2 mall ini. Saya pilih tempat yang agak mojok biar saya bisa lebih nyaman, fokus, dan jauh dari kebisingan. Saking seringnya saya internetan di sini, saya hafal banget deretan kios food court dari ujung kiri sampai ujung kanan. Yang mengisi kios di pojok paling kiri adalah kios es krim dan pojok paling kanan adalah kios soto.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Satu yang mengkhawatirkan adalah, seperti yang saya bilang di awal, mall ini tuh sangat sepi. Bahkan saya bisa menghitung dengan jari jumlah orang yang makan di food court ini setiap harinya. Dari banyaknya kios makanan di sini, ada satu kios yang cukup menarik perhatian saya. Menariknya karena yang menjaga kios ini adalah pasangan suami istri yang sudah berumur. Dibanding disebut om dan tante, kayaknya lebih cocok dipanggil kakek dan nenek atau oma dan engkong.

Nama kios mereka itu adalah "Ini Echo" dengan logo jempol (echo itu bahasa Jawa yang artinya enak). Hal yang bikin saya miris dan sedih karena mereka menyewa tempat di mall yang sepinya kayak kuburan. Jadi pasti sedikit sekali yang mampir ke kios mereka buat beli makan.

Saya biasa mulai wifi dari jam 3 sore sampai jam 7 malam, dan rasanya sedikit banget orang yang mau beli makan di situ. Jujur, saya tidak tega melihat muka si kakek dan nenek yang duduk menjaga kios sambil lihat orang lalu-lalang tanpa menengok kios mereka. Mama saya pernah bilang, "Yang namanya jualan itu ada pasang surutnya. Kalau jualan gak laku ya dek, pasti mereka gak akan jualan lagi. Bisa saja waktu kamu lagi gak ada, yang beli banyak."

Omongan mama setidaknya bisa tenangin hati saya. Tapi, hampir setiap hari saya di sini, dan dari hitung-hitungan saya dalam satu minggu tidak sampai 10 orang yang beli loh. Setiap ada yang beli atau mampir di kios mereka, saya selalu senang. Kalau lihat kios mereka lagi sepi, kadang saya juga jadi sedih. Walau saya tidak ada sangkut pautnya atau sama sekali bukan urusan saya, tapi entah kenapa saya tetep merasa sedih banget.

Pernah di suatu hari, kebetulan mereka tidak berjualan. Saya melewati kios mereka yang berjualan Chinesse Food seperti lontong cap gomeh, nasi campur, dll. Di tembok kios mereka saya lihat ada tulisan, "Jika kita punya 100 masalah ingatlah bahwa Tuhan mempunyai 101 cara untuk menyelesaikannya". Ada juga satu foto mereka berdua lagi senyum sambil berangkulan. Duh, saya makin tidak tega lihatnya. Entah saya yang terlalu sentimentil atau saya yang lebay ya, hal sepele terlalu saya besar-besarkan.

Akhirnya saya pastikan kalau besok saya pasti beli makan di sini. Biar saya tidak doyan nasi campur atau lontong cap gomeh, saya pasti bakal beli dan saya habiskan. Besoknya, suasana food court tumben-tumbenan lagi penuh. Kebetulan ada acara lomba nyanyi jadi suasana lebih ramai dari biasanya.

Setelah pilih tempat duduk, saya beranjak ke kios si kakek dan nenek itu. Begitu sampai, saya langsung disambut dengan sangat baik dan welcome. Serius, muka mereka itu terlihat sangat senang sekali karena ada yang mampir buat beli. Saya pesan nasi campur dan lontong cap gomeh, harganya 30 ribu rupiah buat 2 menu itu.

"Duduknya di mana Dek?" kata si kakek ramah. Saya tunjuk meja tempat saya duduk sambil mengeluarkan selembar lima puluh ribuan buat bayar. 15 menit kemudian, pesanan saya datang. Si kakek membawakan pesanan saya sambil bilang, "Selamat menikmati" yang saya balas dengan sebuah anggukan.

Walau saya tidak doyan nasi campur dan lontong cap gomeh ini, tapi demi kakek-nenek yang hampir setiap hari saya kecengin pasti bakal saya habiskan. Satu suap saya makan, dan enggak terasa habis juga lontong dan nasi ini. Jujur ya, rasanya enak tapi sayangnya tidak fresh. Terasa banget kalau dipanasin dan menurut saya itu sangat mengurangi rasanya. Tapi overall, tetap enak dan next saya bakalan makan di sini lagi.

Di rumah, saya mulai pikir otak bagaimana caranya saya bisa bantu mereka. Rada mustahil kalau setiap hari saya makan di sana. Bisa-bisa mama saya ngamuk karena sudah masak, tapi tidak ada yang makan. Kemudian tercetuslah ide kalau saya bakal ikutan dalam kepengurusan acara di gereja.

Jadi, rencananya saya akan menawarkan diri buat pegang seksi konsumsi karena kebetulan mau ada acara Natal Gabungan. Dalam bayangan saya, kalau saya bisa diterima buat pegang konsumsi, saya akan rekomendasiin buat order di si kakek dan nenek. Dengar-dengar rencana awalnya akan memesan sekitar 100 boks, karena ini acara Natal Gabungan jadi yang datang pasti banyak banget.

Wuih, saya ngebayangin muka mereka senang karena dapat orderan banyak. Saya selalu senang kalau melihat orang lain juga senang, menunjukkan senyum bahagia, dan bersyukur. Kadang saya suka mikir ya, ngapain saya malah sibuk mikirin hal yang sama sekali tidak ada untungnya buat saya. Apalagi saya itu sebenarnya paling tidak suka ikutan organisasi-organisasi kayak gitu Karena saya juga punya kesibukan sendiri. Tapi buat kali ini, saya maksain diri buat ikutan. Hidup itu bukan soal untung dan rugi, masih banyak yang bernilai daripada itu.

Setelah beberapa kali rapat, akhirnya saya benar terpilih buat jadi seksi konsumsi. Estimasi awal diperkirakan bakalan pesan 100 boks dengan harga 25 ribu rupiah per boks. Soal isi menu semuanya terserah saya. Saya senang banget setelah dapat kepastian ini. Senang karena bakalan bisa kasih kabar menggembirakan buat si kakek dan nenek.

Setelah mendapat kepastian, saya langsung menuju ke mall tempat biasa saya wifi. Setengah berlari, saya lansung menuju ke lantai 2, ke tempat food court. Sesampainya di sana, saya langsung menuju kios si kakek dan nenek. Tapi sayang, waktu saya datang mereka lagi tidak berjualan. Libur kali ya, pikir saya saat itu.

Anehnya, tiga hari berturut-turut ke situ, kios mereka selalu tutup. Apa mungkin mereka sudah tidak jualan ya? Saya memberanikan bertanya ke kios sebelahnya, kios siomay. Kata mbak yang jaga, mereka sudah tidak jualan lagi di sini karena sepi. Duarrrrr, saya sedih plus kecewa banget dengarnya. Sedih karena saya tidak bisa ketemu mereka lagi, plus kecewa karena saya telat memberi kabar baik buat mereka.

Saya tanya ke kios di sebelahnya, tapi tidak ada yang tahu nomor kontak si kakek dan nenek ini. Saat itu saya berpikir, mungkin bukan rezeki mereka. Akhirnya, daripada saya repot mencari katering, saya pun minta tolong mama saya buat tangani semua pesanan buat konsumsi Natal nanti.

Bulan berikutnya, kios "Ini Echo" milik kakek dan nenek itu sekarang sudah berganti menjadi kios fried chicken. Rasanya ada yang kurang buat saya. Biasanya kalau saya lagi nulis di sini, sesekali mata saya melirik ke arah kios milik mereka. Kadang saya suka senyum-senyum sendiri, melihat mereka bercanda satu sama lain. Melihat si kakek menguatkan si nenek, melihat si kakek dengan sigap membawa nampan pesanan ke orang yang memesan. Mungkin saya tidak akan bertemu mereka lagi, tapi satu yang pasti ada perasaan lega buat saya, setidaknya saya pernah makan masakan mereka.

Sampai sekarang, setiap saya ke mall itu satu yang pasti terlintas di pikiran saya adalah bagaimana kabar mereka. Apa mereka masih berjualan? Apa jualannya laris? Bahkan setelah saya mampu buat beli modem sendiri dan semakin jarang ke mall itu, terkadang pikiran itu masih suka muncul di kepala saya.

Tapi ternyata, yang namanya jodoh itu memang tidak ke mana. Di bulan Juni tahun 2016 ini, saat jam makan siang, saya diajak teman saya makan di Pujasera sekitar Sukajadi. Katanya ada steak yang enak banget dan saya mengiyakan ajakkan itu. Sesampainya di sana, saya jalan-jalan di sekitar Pujasera, melihat-lihat orang yang jualan, siapa tahu ada makanan yang lebih enak. Tidak lama, mata saya tertuju ke satu kios. Lupa-lupa ingat, saya perhatiin siapa yang sedang berjaga di sana

Saya berjalan semakin mendekat, dan ternyata si kakek dan nenek itu yang jualan! Nama kiosnya tetap "Ini Echo" dan jualannya juga masih sama, ada nasi campur dan lontong cap gomeh. Saya perhatikan mereka semakin uzur. Terakhir melihat mereka tahun 2008, dan tidak terasa sekarang sudah hampir 8 tahun.

Saya rasa jualan mereka di sini lebih laris dibanding jualan terdahulu. Karena kalau saya perhatikan, mereka berdua jauh lebih sibuk dibanding waktu jaga kios di mall itu. Berani taruhan, 1000 persen mereka pasti tidak akan ingat saya, tapi saya masih selalu ingat mereka. Refleks, saya langsung menuju kios mereka dan tanpa banyak nanya, saya langsung memesan, "Nasi campurnya satu dan lontong cap gomehnya satu". (Cerita ini dikirim oleh Stefanus Sani, Bandung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya