KKN 65 UMM Lakukan Penyuluhan Peternakan bagi Warga Desa

Penyuluhan peternakan oleh Kelompok KKN 65 UMM
Sumber :

VIVA.co.id – Pengabdian mahasiswa bagi masyarakat sudah seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sebagaimana di Desa Dadapan, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, sebagian penduduk memiliki usaha yang bergerak di bidang peternakan.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Warga Desa Dadapan memiliki ternak sapi maupun kambing yang nantinya dimanfaatkan susu maupun dagingnya. Kelompok KKN 65 UMM memiliki perhatian yang cukup besar terhadap pentingnya hewan ternak bagi warga Desa Dadapan. Maka dari itu, divisi ekonomi dalam KKN 65 mengadakan penyuluhan peternakan bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyuluhan Peternakan” yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2016.

Tujuan dari penyuluhan ini yaitu agar masyarakat Desa Dadapan mampu menambah nilai guna maupun manfaat dari hewan ternak mereka. Materi yang diberikan dalam penyuluhan peternakan ini yaitu bagaimana langkah-langkah dalam menggemukkan hewan ternak. Yang mana materi ini sebelumnya merupakan hasil permintaan warga desa, setelah melakukan rapat dengan divisi ekonomi KKN 65 UMM.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Adapun pemateri dalam penyuluhan tersebut yaitu Ir. Ahmad Yani, MP., yang merupakan dosen peternakan dari UMM. Antusiasme warga terlihat sejak awal pelatihan ini akan diadakan. Dimulai dari agenda rapat, hingga kegiatan berlangsung. Penyuluhan ini diikuti oleh ibu-ibu pemilik ternak di Desa Dadapan.

“Kami berharap melalui penyuluhan ini warga dapat secara langsung memahami kiat-kiat bagaimana membesarkan atau menggemukkan hewan ternaknya dengan cara yang benar dari pakarnya langsung. Jadi, nanti mereka dapat memanfaatkan hewan ternak mereka dengan baik pula untuk keperluan ekonomis. Kami juga yakin kalau program seperti ini memberikan manfaat yang berkelanjutan karena hasil dari penyuluhan ini dapat disebarkan maupun disosialisasikan ulang ke warga lainnya.” ungkap Ghaus, sebagai ketua pelaksana program penyuluhan ini yang juga merupakan anggota divisi ekonomi KKN 65 UMM. (Tulisan ini dikirim oleh Aulia Rahma, mahasiswa UMM)

Bantuan untuk Pesantren Mirrozatul Lombok Barat
Ilustrasi.

Pergilah Dinda Cintaku

Maafkan aku yang terlalu berlebihan mencintaimu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018