Wujud Syukur atas Kesehatan Melalui Donor Darah

Prajurit Padmakusuma saat pengambilan darah oleh PMI.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Kegiatan donor darah yang diprogramkan secara rutin setiap bulan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan PMI Cabang Kabupaten Merauke saat ini sudah berjalan untuk kedua kalinya. Sebanyak 53 orang personel Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma dari Kompi 2 dan Pos Kout Sota turut mendonorkan darahnya.

Mengikuti Keseharian Krisdayanti, dari DPR sampai Olahraga Wushu

Kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 September 2016 di Pos Komando Utama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Sota. Kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh sejumlah warga kampung Sota dan anggota Koramil Sota. Ikut sertanya masyarakat menjadi fokus utama dari kegiatan donor darah ini.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kegiatan dan manfaat mendonorkan darah, sekaligus juga untuk memeriksa golongan beserta kondisi darahnya. Walaupun beberapa pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya berkaitan dengan kondisi tubuh maupun darahnya.

Prananda Ajak Milenial Kasih Kontrubusi ke Negara Buat Akhiri Pandemi

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk membudayakan donor darah kepada masyarakat khususnya Distrik Sota. Satgas Yonif 407/PK mengajak masyarakat Distrik Sota untuk sukarela mendonorkan darah sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap kesehatannya, terutama kesehatan darah dengan meregenerasi sel darah di tubuh,” ucap Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK.

Donor darah adalah tindakan dan wujud nyata adanya kepedulian sosial yang dilakukan pendonor darah untuk mereka yang menderita sakit dan memerlukan darah dari pendonor. “Donor darah adalah wujud ungkapan syukur kepada Allah karena kasih dan karunia kesehatan yang diberikan kepada seluruh anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma selama ini. Juga merupakan tindakan nyata yang diharapkan bisa memberikan kelegaan untuk yang membutuhkan, sehingga segera tertolong dan sembuh,” ungkap Wadan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma, Mayor Inf Ari Iswoyo Timor di sela-sela acara donor darah tersebut.

Segera Operasi Jantung, Chef Haryo Mohon Bantuan Donor Darah

Berkaitan dengan itu, Ketua Tim PMI cabang Merauke, Sutimin, S.Sos, mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini membantu penambahan persediaan darah PMI cabang Merauke yang menipis. Karena unit PMI Merauke melayani 2 wilayah Kabupaten, yakni Merauke dan Mappi. “Kami selaku unit pelayanan selalu merespon apabila ada rencana kegiatan donor darah dan antusias apabila lokasinya terjangkau, karena berhubungan dengan fasilitas penyimpanan darah yang akan berpengaruh terhadap kondisi darah yang akan kami bawa,” ujarnya.

Pihaknya juga menyambut gembira adanya masyarakat yang ikut serta sebagai pendonor darah. Karena menurutnya, jarang ada masyarakat yang mau mendonorkan darahnya sebab belum tersosialisasi mengenai manfaat donor darah ini. (Tulisan ini dikirim oleh padmakusuma)

Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto menghadiri acara donor darah

Perempuan Jenggala Adakan Donor Darah, Pangdam Jaya Bilang Begini

Perempuan Jenggala menggelar acara santunan perempuan dhuafa dan donor darah dalam rangka merayakan HUT ke-3.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2022