Mapala Se-Indonesia Bakal Kumpul di Makassar

Kegiatan temu wicara kenal medan (TWKM) ke-28
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia bakal berkumpul di Makassar pada tanggal 17 hingga 23 Oktober 2016 mendatang. Mereka akan membahas penyelamatan karst dan terumbu karang maupun isu-isu lingkungan lainnya.

Pergilah Dinda Cintaku

Ketua Panitia Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) ke-28, Wiwing Andi Suleman mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Mapala seluruh Indonesia. "Kebetulan tahun ini Mapala UMI (Universitas Muslim Indonesia) Makassar jadi tuan rumah, ini yang ke-28 kalinya," kata Wiwing, Rabu 7 September 2016.

Wiwing mengatakan pihak panitia sengaja mengangkat tema “Penyelamatan Karst dan Terumbu Karang” karena kondisi keduanya kian memprihatinkan. Misalnya, kata dia, di Sulsel sendiri kondisi kawasan karst di Kabupaten Maros dan Pangkep diapit sedikitnya 24 perusahaan tambang.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

"Karst Maros dan Pangkep saat ini mengalami tekanan yang cukup berat karena usaha pertambangan batu gamping untuk semen marmer, tambang karst, dan industri lainnya. Itu sangat mengancam ketersediaan air, tanah, potensi bencana banjir, keunikan geomorfologi dan keanekaragaman hayati," tambahnya.

Sementara nasib terumbu karang juga tak jauh beda dengan karst. Misalnya proyek tol laut yg menjadi program kerja dari presiden, dan maraknya reklamasi pantai mengancam karang di Indonesia. Dengan kondisi saat ini, serba industri, Mapala Indonesia harus proaktif selamatkan lingkungan, apalagi Presiden RI, Jokowi seorang pecinta alam sewaktu mahasiswa, itu bisa jadi pelecut semangat bagi kawan-kawan Mapala di era ini. (Tulisan ini dikirim oleh herkambuna)

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora
Proses evakuasi tiga mahasiswa yang tewas karena terjebak di Gua Lele

Tiga Mahasiswa yang Tewas di Gua Lele Ikut Pelatihan Pecinta Alam

Saat itu hujan dan air bah tiba-tiba menjebak mereka di dalam gua.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2019