Atasi Banjir Alumni Fahutan IPB Usul Bangun Hutan Pendidikan

Alumni Fahutan IPB beri bantuan kepada korban banjir Garut.
Sumber :

VIVA.co.id – Banjir dan longsor yang melanda Garut pada Selasa malam, 20 September 2016 masih menyisakan banyak kerusakan moril maupun materil di sana-sini. Dampak kerusakan paling parah menimpa perumahan dan juga fasilitas pendidikan. Hal ini menggugah Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB untuk menggelar acara bantuan sosial yang berlangsung tanggal 12-13 Oktober 2016.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Bantuan yang diberikan berupa seragam pramuka, seragam batik, peralatan mandi, sepatu, matras olahraga, dan buku pelajaran. Acara berlangsung di salah satu SD yang terkena dampak banjir, yaitu SD Sukakarya dan SLB-C YKB di Kecamatan Tarogong Garut.

Ir. M.Auriya Ibrahim, MSc, selaku ketua Himpunan Alumni Fahutan IPB mengatakan bahwa pendidikan dan lingkungan yang terjaga merupakan tanggung jawab manusia. Bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab untuk membantu sesama dan semoga kita semua bisa terus menjaga alam dan lingkungan agar tidak terjadi bencana alam.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Dekan Fakultas Kehutanan IPB, Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, M.Sc F.Trop, yang mewakili segenap civitas akademi Fakultas Kehutanan IPB menyampaikan aspirasi dan harapannya terhadap para korban banjir. “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meringankan beban korban bencana alam baik moril ataupun materil, serta pengelolaan kawasan yang tepat sasaran,” ujarnya.

Lanjut Rinekso Soekmadi,  IPB juga telah mengusulkan kepada Perhutani agar ada kawasan sebagai hutan pendidikan yang berguna untuk edukasi masyarakat tentang hutan Perhutani. Di mana Perhutani tinggal menyiapkan lahan untuk hutan pendidikan ini dan untuk wisata bisa membuat camping ground. Semua itu untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap lingkungan dan membuat kawasan wisata berkemah.
 
Selain dihadiri oleh perwakilan dari alumni dan juga Fakultas Kehutanan IPB, hadir pula menyaksikan pemberian bantuan yakni Wakil Bupati Garut, dr H. Helmi Budiman serta perwakilan dari Perwita Wana Kencana yang diwakili oleh Ibu Herry Adjat Sudradjat. (Tulisan ini dikirim oleh Indarti Bachtiar)

Bencana Banjir Landa Malaysia, 53.139 Jiwa Terdampak
Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023