Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Januari 2017 | 13:39 WIB
  • Keberhasilan Mantan Ketua RT dalam Membangun Lingkungan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • mainyuk132
Keberhasilan Mantan Ketua RT dalam Membangun Lingkungan
Photo :
Kampung Anggur

VIVA.co.id – Masih ingat di otak saya, saat dulu ketika saya duduk di bangku SMA, tepatnya saat kelas II. Saya melihat sosok kepala sekolah yang penuh dengan kewibawaan dan gaya yang karismatik memimpin tempat dimana saya menimba ilmu. SMA Santa Yosep yang berada di Musirawas, Palembang adalah SMA swasta dan tidak banyak juga muridnya. Sosok kepala sekolah itu adalah inspirasi bagi saya. Berkat beliau saya jadi terobsesi ingin menjadi seorang pemimpin yang penuh kewibawaan dan karismatik.

Tahun 2007 adalah tahun pertama saya menjadi seorang pemimpin, meskipun hanya menjadi seorang ketua RT. Saya cukup puas karena impian saya selama ini akhirnya terwujud. Awal mula saya terpilih menjadi ketua RT karena saya ditunjuk langsung oleh mantan ketua RT terdahulu untuk meneruskan kewajiban yang ia jalani selama ini.

Terdapat tiga kandidat yang dipilih untuk menjadi seorang ketua RT, namun sayalah yang terpilih untuk meneruskan amanat menjadi ketua RT. Puji sukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas terpilihnya saya menjadi ketua RT. Di tahun pertama saya menjabat, saya menjalankan program lingkungan hijau. Sebuah program untuk menghijaukan setiap sisi jalan di lingkungan RT saya. Program ini pun didukung oleh kelurahan setempat dan tentunya juga dukungan dari warga untuk menjaga setiap tanaman yang berada di sisi jalan.

Selain menjadi seorang ketua RT, saya juga bekerja di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Rutinitas sehari-hari saya bekerja di pagi hari hingga sore hari, dan setibanya di rumah saya menjalankan amanat saya menjadi seorang ketua RT.

Tahun demi tahun telah saya lalui. Banyak program yang telah saya jalankan demi memajukan lingkungan RT saya. Sampai tiba saatnya akhir jabatan saya. Cukup puas rasanya memimpin dan memajukan sebuah lingkungan demi kenyamanan bersama. Tidak sedikit warga saya yang menyesalkan pergantian ketua RT ini. Namun sudah aturannya, dimana ketika seseorang sudah menjabat ketua RT selama dua periode ia harus digantikan di periode berikutnya. (Tulisan ini dikirim oleh Audio Donadoni, Universitas Pancasila, Jakarta)