Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Januari 2017 | 16:56 WIB
  • Di Balik Kesuksesan Usaha Kuliner Diana A. Soetjipto

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Rai Pribadi
Di Balik Kesuksesan Usaha Kuliner Diana A. Soetjipto
Photo :
Diana A. Soetjipto

VIVA.co.id – Pernahkah Anda berpikir menjadi seorang enterpreneur dalam bisnis dan meraih kesuksesan? Tentu ini tak lepas dari benak seseorang, dimana hal ini berguna dan sangat penting bagi masa depan. Membangun suatu usaha tentu dibutuhkan tekad, niat dan keinginan yang kokoh. Ya! Dialah Diana, figur seorang wanita karir dengan kesuksesan bisnisnya.

Kisah karir Diana diawali dengan profesinya sebagai seorang agen asuransi. Tak lama kemudian, setelah lulus kuliah ia mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan internasional farmasi sebagai sales operation planning selama kurang lebih 2,5 tahun. Seiring waktu berlalu, kemudian Diana ikut bergabung ke sebuah perusahaan MLM (Multi Level Marketing) di PT. Amindo Indonesia selama 5 tahun.

Diana adalah figur wanita yang energik dan berani. Tanpa latar belakang seorang wirausaha, ia mampu meneruskan usaha keluarganya dalam dunia kuliner dan katering. Hal ini ia jalani karena perekonomian semasa hidupnya bergantung pada usaha katering. Berawal dari sebuah kue kering yang ia buat sejak tahun 2000-an, dan kemudian ia menemukan passion-nya di dunia kuliner.

Selain berprofesi sebagai seorang dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila, Diana juga seorang penulis buku kuliner, pengajar kuliner, dan pengusaha kuliner. Hal ini semakin ia gemari karena baginya usaha dalam dunia katering adalah bisnis yang paling mudah dijalankan dan cepat mendapatkan penghasilan.

Sumber modal awal Diana dalam membangun usaha ini berasal dari uangnya sendiri. Bagi Diana, dalam membangun suatu usaha janganlah terpaku pada modal. “Jika kita ingin sukses, maka tinggalkanlah konsep lama,” ujarnya. Selalu ada cara antar produsen dan konsumennya, seperti meminta DP terlebih dahulu. Dengan demikian, modal bukanlah penghalang bagi seorang wirausaha.

Sistem manajemen yang Diana terapkan untuk memulai usahanya yaitu manajemen waktu. Baginya, mengatur manajemen waktu sangat penting dalam usaha kuliner. Dengan menerapkan manajemen waktu juga berguna bagi dirinya sendiri. Diana berpikiran untuk beralih menjalankan bisnis kuliner dan katering karena ia bertekad kuat agar usaha ini harus maju.

Ia banyak mempelajari dari berbagai buku untuk mencari informasi-informasi pengembangan produk saat ini. Sukses bagi Diana dalam dunia kuliner adalah membuat makanan yang enak, disukai orang banyak, menghasilkan uang, dan berguna bagi orang banyak. (Tulisan ini dikirim oleh Rai Pribadi, mahasiswa Universitas Pancasila, Jakarta)