Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 Februari 2017 | 17:09 WIB
  • Uluran Tangan untuk Si Kecil Arkan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Sinta Guslia
Uluran Tangan untuk Si Kecil Arkan
Photo :
Arkan, anak penderita hidrosefalus sedang menerima bantuan.

VIVA.co.id – “Bocah penderita hidrosefalus, Arkan, membutuhkan uluran tangan dari para dermawan untuk pengobatannya,” ungkap Syafrudin, kepala cabang Rumah Yatim Tegal. Syafrudin bersama beberapa anggota dari Dinsos Kab/Kota Tegal menyambangi kediaman Arkan di Desa Sumurpanggang, RT 007 RW 002, Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Bocah yang mempunyai nama lengkap Arkan Athallah Mahfudz Rohendi (6) ini terlahir dari keluarga yang kurang mampu dari pasangan Cuci Wahyuni dan Didin Rohendi. Didin yang hanya bekerja serabutan ini tidak mempu membiayai pengobatan putra semata wayangnya ke dokter ataupun rumah sakit. Didin hanya mampu membawa Arkan ke Puskesmas terdekat.

Menurut Cuci Wahyuni, saat lahir kondisi anaknya normal seperti bayi pada umumnya.Tanda-tanda kelainan mulai tampak ketika Arkan menginjak usia enam bulan. Setelah menderita sakit panas, muncul benjolan di kepala Arkan. Seiring berjalannya waktu, benjolan tersebut semakin membesar saja. “Sekarang Arkan sudah berusia 6 tahun,” tambah Cuci.

“Arkan terlihat terbaring tak berdaya. Walau menderita sakit, Arkan tetap ceria dan sesekali tertawa ketika orang datang menatapnya. Arkan kerap menangis, apabila tak tahan dengan sakit di kepalanya. Karena penyakitnya yang menekan ke ubun-ubun efek dari hidrosefalus,” ungkap Syafrudin.

Karena mendapat bantuan dari program kesehatan pemerintah, Arkan sudah dua kali menjalani operasi pemasangan shunt. Kondisi kepala Arkan sekarang sudah lebih baik dari sebelumnya. Namun sekarang Arkan membutuhkan sebuah kursi roda supaya bisa diajak berjalan-jalan, dan tidak hanya berbaring lemah di kasur.

Sebagai tanda kepedulian dan perhatian Rumah Yatim Tegal kepada Arkan, Rumah Yatim memberikan santunan berupa susu dan paket sembako. Rencananya Rumah Yatim akan memberikan bantuan kesehatan untuk pengobatan Arkan. “Semoga santunan ini dapat meringankan beban keluarga Arkan. Sekarang keluarga Arkan sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan,” ujar Syafrudin.

Rumah Yatim dan Dinsos Kab/Kota Tegal menyambangi kediaman Arkan atas laporan dari RT dan warga setempat. Rumah Yatim merupakan salah satu mitra Dinsos Kab/Kota Tegal yang selalu siap membantu sesama. “Mari kita bantu Arkan. Mari kita beri Arkan hadiah sebuah kursi roda supaya Arkan dapat berjalan-jalan dan bermain seperti anak-anak pada umumnya,” pungkas Syafrudin. (Tulisan ini dikirim oleh Sinta Guslia)