Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 Maret 2017 | 12:34 WIB
  • Festival Teater Mahasiswa Nasional Kembali Digelar

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Bakekokmo
Festival Teater Mahasiswa Nasional Kembali Digelar
Photo :
Festamasio 2017

VIVA.co.id – Kota Makassar kembali menjadi tuan rumah pada ajang Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) pada 1 hingga 8 April 2017 mendatang. Kali ini, giliran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) dipercayakan sebagai penyelenggara.

"Kami berharap ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah Festamasio 8 ini bisa memberikan spirit baru bagi para pekerja seni teater yang ada di Indonesia. Serta bisa menjadi tuan rumah yang baik dari sebelumnya," kata Ketua Panitia Festamasio 8 Makassar, Jabal Nur di Makassar, Rabu, 8 Maret 2017.

Jabal Nur menjelaskan, dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rembuk pada ajang Festamasio ke-7 pada 2015 lalu di Kota Bandung. Saat itu, seluruh peserta menyepakati Makassar sebagai tuan rumah berikutnya. Dan UKM Seni UNM diamanahkan sebagai pelaksana kegiatan.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Kami berencana memperkenalkan budaya dan pariwisata kepada masyarakat melalui teater,” kata Jabal Nur. Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya yaitu karnaval, upacara pembukaan, dan pertunjukan teater dari 20 grup teater mahasiswa se-Indonesia. Ada juga workshop, fieldtrip, rembuk, malam penganugerahan dan upacara penutupan.

"Adapun grup teater yang nantinya akan berlakon berasal dari berbagai kampus di Indonesia yang sudah melewati tahap kurasi," tuturnya. Jabal berharap Festamasio 8 bisa menjadi ajang silaturahmi antar pekerja seni teater se-Indonesia. "Layaknya orang kedatangan tamu, maka kami harus siap menyambut mereka," ucapnya.

Guna menyukseskan ajang senj teater mahasiswa terbesar itu, Jabal berharap ada dukungan dari pihak kampus UNM, Pemerintah Kota Makassar, maupun Pemprov Sulsel. Sementara itu, Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan pihaknya sangat merespon positif kegiatan tersebut. Apalagi, Festimasio ke-8 menargetkan 400 aktor muda sebagai peserta yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Kegiatan yang mengasah kreativitas para generasi muda. Selain itu, kegiatan ini sangat sejalan dengan arah pembangunan Kota Makassar sebagai kota dunia," kata walikota yang akrab disapa Danny. Menurutnya, Festamasio akan dijadikan pihak Pemerintah Kota untuk turut memperkenalkan potensi seni, budaya dan keragaman yang dimiliki daerah dengan julukan Kota Daeng itu. "Tentu dengan kegiatan ini akan turut mempromosikan bagaimana kebudayaan, potensi, dan keunikan yang dimiliki Makassar,” ucap Danny.

Festamasio adalah ajang temu karya dan silaturahmi kelompok teater/lembaga kesenian kampus seluruh Indonesia. Tujuannya sebagai salah satu wujud kontribusi dan upaya teater kampus dalam ikut mengembangkan seni teater di Indonesia.

Kegiatan tersebut diadakan setiap dua tahun sekali. Pertama diselenggarakan pada tahun 2001 di Samarinda, Kalimantan Timur, yang difasilitasi oleh Teater Yupa Universitas Mulawarman. Pada 2003, Festamasio diselenggarakan oleh teater Kampus Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Saat itu Makassar untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah. (Tulisan ini dikirim oleh Bakekokmo)