Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 20 April 2017 | 13:13 WIB
  • Health Education ala Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Tunny
Health Education ala Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada
Photo :
Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada sedang melakukan penyuluhan kesehatan.

VIVA.co.id – Menjemput bola adalah cara yang baik dalam menerapkan sebuah ide. Hal ini dilihat oleh sejumlah mahasiswa STIKes Maluku Husada yang sedang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

"Pola hidup masyarakat modern ini tentunya membuat kami kalangan mahasiswa harus berinovasi sehingga dapat melahirkan win-win solution. Untuk mengumpulkan masyarakat dalam suatu tempat sangatlah sulit. Maka kami berpikir untuk jemput bola dengan cara ke rumah-rumah warga guna bisa merealisasikan program Health Education yang sudah kami canangkan," tutur Ikhwan Amahoru yang juga peserta KKN di Posko IV Negeri Lima.

Selain itu, Amahoru menambahkan jika di Posko IV, kebijakan satu peserta KKN satu kepala keluarga lebih efektif dan efisien guna melakukan program Health Education. Dalam beberapa hari ini, sejak tanggal 17-19 April terpantau sekelompok mahasiswa berkunjung ke rumah-rumah warga. Bahkan warga yang sedang duduk di tepi pantai pun didatangi.

Terpantau pula mereka melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol bagi warga secara gratis. Dan hebatnya, di sela-sela itu mereka tetap melakukan penyuluhan kesehatan seperti yang sudah mereka rencanakan sejak awal. (Tulisan ini dikirim oleh Abdul Rasyid Tunny, Maluku)