Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 6 Juni 2017 | 15:15 WIB
  • Pramuka, Bentuk Mental Disiplin dan Peduli Lingkungan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Rachman
Pramuka, Bentuk Mental Disiplin dan Peduli Lingkungan
Photo :
Kegiatan pelantikan pramuka penegak laksana.

VIVA.co.id – Perkembangan gerakan Pramuka dewasa ini, terlihat sangat pesat. Kegiatan kepramukaan dahulu dengan sekarang, memang tidak jauh berbeda. Perkemahan, upacara, dan lain sebagainya masih menjadi ciri khas gerakan kepanduan terbesar tersebut.

Setiap sekolah, atau pangkalan juga berlomba-lomba mencetak kader-kader yang mumpuni dalam bidang kedisiplinan melalui kegiatan kepramukaan. Entah berupa perkemahan bakti, persami, bahkan pelantikan.

Seperti yang satu ini. Sekolah yang terletak di pinggiran Cilacap, Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, sengaja mengadakan kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Laksana, guna membentuk mental disiplin dan peduli terhadap lingkungan.

Pramuka penegak laksana adalah tingkatan, setelah penegak bantara. Atau, tingkatan tertinggi Pramuka penegak, atau Pramuka di lingkup sekolah menengah.

Meskipun tergolong sekolah baru, 18 siswa-siswi SMK KH. Ahmad Dahlan terdiri dari kelas XI program kejuruan Akuntansi dan Teknik Sepeda Motor (TSM), dengan antusias mengikuti prosesi pelantikan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tiga hari dua malam, yakni sejak tanggal 24-26 Mei 2017. Prosesi yang dilakukan di antaranya penjelajahan mengelilingi hampir dua desa, yakni Desa Kutabima dan Desa Cisalak, Kecamatan Cimanggu dengan jarak puluhan kilometer.

Selain bertujuan membentuk mental disiplin, pelantikan tersebut dimanfaatkan pihak sekolah guna mencetak kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. Terbukti, dalam proses penjelajahan, kegiatan lain, yaitu bakti sosial berupa bersih-bersih masjid dan musala juga turut dilaksanakan.

Bahkan, mereka memunguti sampah non organik yang mereka temukan di sepanjang rute penjelajahan. "Ini bertujuan untuk menerapkan kesadaran bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman," ucap Darkonah, Pembina Pramuka, saat dikonfirmasi Jumat 2 Juni 2017.

Kak Darkonah juga mengharapkan, selain membentuk mental disiplin dan kepedulian terhadap lingkungan, peserta yang dilantik diharapkan bisa menjaga amanah dan tanggung jawab atas jabatan yang dipegangnya sebagai penegak laksana. Serta, dapat menularkan semangat dan ilmu yang diperoleh pada adik-adik Pramuka dan dapat bermanfaat di kehidupan bermasyarakat.

Gerakan Pramuka memang salah satu gerakan yang digadang-gadang dapat menjadi wadah pembentukan karakter anak dari sejak dini. Karena independen dan integritasnya, Pramuka harus tetap dijaga, serta dikembangkan dinamis sesuai perkembangan zaman dengan kegiatan-kegiatan yang tidak melulu dengan perkemahan saja.

Namun, harus diselipkan kegiatan yang menjadikan mereka lebih disiplin dan peduli terhadap lingkungan sekitar. (Tulisan ini dikirim oleh Rachman, Cilacap)

  • Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa
    Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa
  • Ramadan dan Sandal Jepit yang Hilang
    Ramadan dan Sandal Jepit yang Hilang
  • Warga Desa Ini Banyak Mengidap Penyakit Hipertensi
    Warga Desa Ini Banyak Mengidap Penyakit Hipertensi
  • Menulis Tidak Semudah yang Mereka Pikirkan
    Menulis Tidak Semudah yang Mereka Pikirkan
  • Pancasilaku Entah di Mana
    Pancasilaku Entah di Mana
  • Ternyata Teleportasi itu Nyata
    Ternyata Teleportasi itu Nyata