Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 13 Juni 2017 | 11:00 WIB
  • Buka Bersama Kaum Duafa ala Komunitas Ketimbang Ngemis Bali

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Herdian Armandhani
Buka Bersama Kaum Duafa ala Komunitas Ketimbang Ngemis Bali
Photo :
Komunitas Ketimbang Ngemis Bali buka puasa bersama para kaum duafa.

VIVA.co.id – Dalam rangka menyambut hari jadi kedua dan memanfaatkan momen bulan suci Ramadan, Komunitas Ketimbang Ngemis Bali, atau KNB mengadakan kegiatan buka puasa bersama dengan kaum duafa yang tinggal di rumah semi permanen di Jalan Pulau Roti, Pedungan, Denpasar pada Minggu 11 Juni 2017.

Dalam kesempatan itu pula, Komunitas Ketimbang Ngemis Bali juga memberikan santunan kepada Nenek Fatma, seorang nenek yang bermata pencaharian sebagai pengumpul paku bekas.

Kegiatan buka puasa kaum duafa dan santunan kepada Nenek Fatma, merupakan kerja sama Komunitas Ketimbang Ngemis Bali dengan Lembaga Kemanusiaan Dompet Sosial Madani (DSM). Kaum duafa yang tinggal di Jalan Pulau Roti ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh angkut, pemulung barang bekas, dan pekerja serabutan.

Meskipun Komunitas Ketimbang Ngemis Bali merupakan komunitas sosial yang baru terbentuk, saat ini komunitas Ketimbang Ngemis Bali sudah memiliki 100 lebih anggota aktif. yang rata-rata merupakan anak muda berprofesi sebagai mahasiswa dan bekerja. Telah banyak sosok-sosok pejuang kehidupan, yaitu para lansia yang bekerja secara halal di usia senja mereka yang dibantu oleh Komunitas Ketimbang Ngemis Bali ini.

Bantuan yang diberikan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali tidak hanya dalam bentuk uang tunai, tetapi ada yang berupa layanan pengobatan, kasur untuk tidur, sembako, dan masih banyak lagi. Komunitas Ketimbang Ngemis Bali sering juga melakukan kegiatan blusukan untuk mencari sosok-sosok pejuang kehidupan yang pantas dan layak untuk dibantu di seputaran Kota Denpasar dan kabupaten-kabupaten yang ada di Bali.

Muhammad Imran Syaban, salah satu pengurus Ketimbang Ngemis Bali (KNB) berujar kegiatan buka puasa bersama duafa dan santunan untuk Nenek Fatma merupakan kegiatan yang telah dirancang para pengurus KNB dalam menyambut hari jadi yang kedua.

Imran berujar, melalui kegiatan sosial ini Komunitas Ketimbang Ngemis Bali bisa menjadi komunitas yang lebih dewasa dan bisa mengajak anak muda lainnya untuk bersama-sama membantu sosok-sosok pejuang kehidupan untuk bisa hidup lebih layak.

“Saya bersama rekan-rekan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali berharap kegiatan buka puasa bersama dengan kaum duafa dan santunan untuk Nenek Fatma bisa membantu para pejuang kehidupan yang mau bekerja halal ketimbang meminta-minta.

Melalui kegiatan ini semoga Komunitas Ketimbang Ngemis Bali bisa menjadi komunitas yang lebih dewasa dan bisa menginspirasi anak muda Bali untuk bersama-sama membantu sosok-sosok pejuang kehidupan lainnya untuk bisa hidup lebih layak,” ungkapnya. (Tulisan ini dikirim oleh Herdian Armandhani, Denpasar, Bali)