Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 21 Juni 2017 | 10:37 WIB
  • THR dan Nasi Kotak untuk Para Pejuang Kehidupan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Herdian Armandhani
THR dan Nasi Kotak untuk Para Pejuang Kehidupan
Photo :
Komunitas Ketimbang Ngemis Bali membagikan bantuan untuk para lansia.

VIVA.co.id – Komunitas Ketimbang Ngemis Bali bekerjasama dengan Komunitas Berbagi Nasi Bali  kembali mengunjungi para pejuang kehidupan yang merupakan kaum duafa pada Jumat, 16 Juni 2017 jelang waktu berbuka puasa. Kegiatan ini dilakukan selain karena bertepatan dengan momen bulan suci Ramadan, juga merupakan program kerja Komunitas Ketimbang Ngemis Bali setiap minggunya.

Para pejuang kehidupan yang dikunjungi merupakan para lansia yang masih bekerja secara halal dan rata-rata perekonomian mereka di bawah garis kemiskinan. Kegiatan kunjungan kali ini dikonsep dengan pembagian donasi sebagai THR (Tunjangan Hari Raya) dan nasi kotak untuk para pejuang kehidupan yang menjalankan ibadah puasa.

Para pejuang kehidupan yang dikunjungi di antaranya Nenek Buah yang tinggal di Jalan Cargo, Kakek Ridwan yang tinggal di Jalan Pulau Misol, Nenek Ubud yang tinggal di Jalan Gatot Kaca, Nenek Ketut Sinar yang tinggal di Jalan Raya Sesetan, dan Kakek Gofur yang tinggal di Jalan Tantular. Kelima pejuang kehidupan ini ada yang bekerja mengumpulkan buah bekas dari para pedagang buah di pasar, ada juga yang menjadi buruh angkut dan bekerja serabutan asalkan halal.

Di usia senja, mereka seharusnya tidak perlu bekerja banting tulang. Namun karena biaya hidup yang begitu mahal dan perekonomian yang sulit, akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja ketimbang mengemis.

Saat bertemu dengan kelima sosok tersebut, para pengurus dan relawan Komunitas Ketimbang Ngemis Bali langsung memeluk dan mencium tangan para pejuang kehidupan sembari memberikan THR dan nasi kotak. Sorot tatapan para pejuang kehidupan nampak berkaca-kaca dan mengucapkan banyak terima kasih karena masih ada yang peduli dengan mereka.

Giandi, salah seorang anggota Komunitas Ketimbang Ngemis Bali mengatakan bahwa agenda bagi-bagi nasi Kotak dan THR selain sebagai agenda rutin juga supaya para sosok-sosok pejuang kehidupan ini bisa ikut merayakan Lebaran di kampung halaman mereka.

“Kami berharap agenda rutin Komunitas Ketimbang Ngemis Bali dalam rangka bulan Ramadan bisa membantu sosok-sosok pejuang kehidupan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman mereka,” tutupnya. (Tulisan ini dikirim oleh Herdian Armandhani, Denpasar)