Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 7 Juli 2017 | 11:24 WIB
  • Pembangunan Flyover Kretek Brebes Segera Dilanjutkan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • yudhiprasetyo79
Pembangunan Flyover Kretek Brebes Segera Dilanjutkan
Photo :
  • U-Report
Kendaraan pribadi tengah melintas di flyover kretek Paguyangan, Brebes. (Yudhi Prasetyo, Brebes).

VIVA.co.id – Pembangunan flyover Kretek di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes akan dilanjutkan kembali setelah musim arus mudik 2017 selesai. Sebelumnya, walaupun flyover belum selesai 100 persen, namun pada musim arus mudik bisa difungsikan dengan membuat jembatan bailey. Setelah musim arus mudik selesai, jembatan tersebut akan dibongkar kembali dan diganti dengan pemasangan box girder atau balok beton.

Pemasangan box girder sendiri akan dilakukan setelah jembatan bailey dibongkar. Pembongkaran jembatan darurat tersebut akan dilakukan setelah tidak ada lagi kendaraan pribadi yang melintas. Untuk itu, pihak pelaksana proyek akan berkoordinasi dengan kepolisian mengenai hal tersebut.

"Mudah-mudahan lanjutan pembangunan bisa selesai hingga awal September 2017," kata Pelaksana Lapangan PT Adhi Karya, Banon.

Sementara, berdasarkan pengamatan di lapangan menyebutkan, flyover Kretek hingga saat ini masih difungsikan. Kendaraan pribadi masih diperbolehkan melintas. Namun, hanya kendaraan dari arah selatan atau Purwokerto saja yang diperbolehkan melintas jembatan fungsional tersebut. Sementara untuk kendaraan yang datang dari arah utara atau Brebes dana Tegal diarahkan melalui jalur samping jembatan.

Difungsikannya flyover Kretek terbukti mampu mengurai kemacetan yang kerap timbul di daerah tersebut. Pada musim mudik lebaran 2016 lalu, sebelum ada flyover, kemacetan panjang menjadi pemandangan yang lumrah. Pasalnya, selain volume kendaraan yang melintas padat, juga karena perlintasan kereta api serta pasar tradisional yang ada di samping perlintasan. (Tulisan ini dikirim oleh Yudhi Prasetyo, Brebes).