Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 27 Juli 2017 | 12:22 WIB
  • Pasti Ada Jalan di Balik Semua Kesulitan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Ridho Adha Arie
Pasti Ada Jalan di Balik Semua Kesulitan
Photo :
  • Kunci Sukses
Ilustrasi Kunci Sukses

VIVA.co.id – Ketika seseorang sedang mengalami masalah, orang tersebut pasti ingin menemukan jalan untuk menyelesaikan masalahnya. Karena di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Apalagi Tuhan memiliki rencana yang sudah diatur dengan sebaik-baik mungkin untuk makhluk ciptaannya.

Seperti ketika seseorang sedang sakit, bisa pergi ke dokter yang ada di rumah sakit. Orang yang sedang membutuhkan uang untuk modal membuka usaha, bisa pergi ke bank untuk meminjam uang. Begitu juga ketika seseorang ingin membeli sebuah motor atau mobil, tapi karena uangnya kurang, orang tersebut bisa membelinya dengan cara kredit dan dibayar secara angsur setiap bulannya. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Sama halnya seperti aku yang ingin membukukan ceritaku. Karena aku tidak tinggal di Jakarta, aku hanya bisa menulis dan mencoba mengirimkan naskahku lewat kantor pos. Ketika aku sedang kesulitan untuk membukukan ceritaku, ada jasa kantor pos yang memudahkan jalanku.

Ketika seorang penulis ingin membukukan ceritanya, ada penerbit yang ingin membantu  membukukan atau mempublikasikan cerita si penulis tersebut. Hingga akhirnya cerita dan karya si penulis bisa dibaca oleh banyak orang.

Hingga akhirnya ada seorang sutradara yang juga ikut memudahkan si penulis dengan mengadaptasi ceritanya. Hingga si penulis makin terkenal dan semangat untuk berkarya. Seperti yang sudah kita pelajari ketika masih sekolah dulu, di dalam pelajaran IPS dijelaskan, kalau manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

Segala yang sulit, pasti ada kemudahannya. Dan setiap masalah, pasti ada jalan keluarnya. Seperti yang kualami saat ini. Masalah yang selalu menghambatku untuk berkarya. Belum lagi masalah keluargaku yang memang hanyalah keluarga yang sederhana.

Kehidupan apa adanya yang terus kulalui, tidak membuatku menyerah dan pasrah. Walaupun terkadang aku selalu berpikir, “Enggak bakal bisa selesai masalah ini”. Sampai akhirnya aku percaya, kalau masalah yang kualami pasti ada jalan keluarnya.

Masalahku adalah ekonomi keluargaku dan kurangnya kepercayaan orang tua padaku. Mungkin jika aku tidak berprinsip di balik kesulitan pasti ada kemudahan, mungkin hidupku hanya akan seperti seekor kucing. Makan, tidur, makan, tidur, lalu buang air, lanjut makan, tidur, makan, dan tidur lagi. Kehidupan yang sangat suram bagi seorang manusia.

Masalah ekonomi yang sedang dihadapi keluargaku membuatku bertekad untuk mengubah tujuanku. Awalnya aku ingin menjadi seorang penulis hanya untuk merebut cinta pertamaku. Tapi sekarang berubah menjadi untuk membantu membiayai ekonomi keluargaku yang sedang dilanda kesusahan. Adikku yang pernah membuat masalah, lalu utang yang melilit kehidupan kami.

Hari itu, aku sedang merenung di taman dekat jembatan yang ada di kotaku. Kulihat sungai dan airnya yang terus mengalir. Andaikan aku air tersebut, mungkin air tersebut tidak akan mengalir sedikit pun. Karena yang ada di pikiranku sudah tidak ada jalan lagi dan putus asa. Lalu aku melihat sebuah kejadian yang membuatku langsung berpikir kenapa aku tidak menulis saja? Dan sejak hari itu, aku yakin sekali kalau di balik kesulitan pasti selalu ada kemudahan. (Tulisan ini dikirim oleh Ridho Adha Arie, Pekanbaru)