Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 31 Juli 2017 | 12:29 WIB
  • Rotaract Bali Taman Hibur Anak-anak di Rumah Singgah

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Herdian Armandhani
Rotaract Bali Taman Hibur Anak-anak di Rumah Singgah
Photo :
Komunitas Rotaract Bali Taman hibur anak-anak di rumah singgah.

VIVA.co.id – Memperingati Hari Anak Nasional, Komunitas Rotaract Club of  Bali Taman melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengunjungi rumah singgah SOS Children’s Village Bali pada Sabtu, 29 Juli 2017. SOS Childrens’s Village Bali atau lebih dikenal dengan Rumah Singgah SOS Bantas merupakan rumah singgah untuk menampung anak-anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, bahkan ada yang sudah tidak memiliki orang tua.

Rumah singgah SOS Bantas terletak di Banjar Bunur Puhun, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Bali. Rumah Singgah SOS Bantas berdiri di atas lahan berukuran 18 hektar yang terdiri dari 12 rumah. Masing-masing rumah singgah memiliki satu ibu asuh yang bertugas merawat para anak-anak yang tinggal di sana. Tidak hanya anak-anak, remaja pun ada yang tinggal dan diberikan kursus keterampilan.

Saat berkunjung ke Rumah Singgah SOS Bantas, Komunitas Rotaract Club of Bali Taman membawa ratusan buku-buku bacaan. Berupa buku pendidikan dan pengetahuan untuk dibaca di sana. Respon anak-anak yang tinggal di SOS Bantas sangat luar biasa. Begitu anggota komunitas ini tiba, langsung disambut dengan wajah-wajah yang ceria. Komunitas Rotaract Club of Bali Taman juga mengajak anak-anak yang tinggal di rumah singgah SOS Bantas bermain dan bernyanyi bersama.

Ketua kegiatan Kunjungan ke Rumah Singgah SOS Bantas, Della Windy mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Komunitas Rotaract Bali Taman yakni mobile library. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap dua minggu sekali. Tujuan kegiatan ini, selain merayakan Hari Anak Nasional, juga untuk meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah. “Mudah-mudahan kegiatan mobile library yang kami adakan bisa bermafaat bagi adik-adik di rumah Singgah SOS Bantas dan menciptakan budaya membaca buku sejak dini,” ungkapnya.

Komunitas Rotaract Club of Bali Taman sendiri merupakan organisasi kepemudaan berskala internasional yang berfokus pada kegiatan leadership, community service, dan professional development. Saat ini, komunitas ini telah memiliki ribuan anggota di seluruh dunia dengan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Komunitas Rotaract Club of Bali Taman saat ini memiliki 20 anggota aktif yang rata-rata berprofesi sebagai pelajar, dokter, psikolog, bankers, dan wiraswasta. Selain mobile library ke Rumah Singgah SOS Bantas, Rotaract Club of Bali Taman di bulan selanjutnya akan melakukan kegiatan kolaborasi dengan Rotary Club Bali Taman yaitu program pap smear gratis bagi kaum wanita.

Rencananya, kegiatan pap smear akan dilakukan di Balai Banjar desa terpilih dengan mengundang pakar-pakar dokter yang ahli di bidang penanganan kanker serviks. Untuk bergabung dengan Komunitas Rotaract Club of Bali Taman bisa dengan mengikuti rapat dua mingguan yang diadakan di Café 90s. (Tulisan ini dikirim oleh Herdian Armandhani, Denpasar, Bali)