Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 4 Agustus 2017 | 17:15 WIB
  • Perhatikan Hal Ini Sebelum Pergi ke Air Terjun Sipiso-piso

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • baroezy
Perhatikan Hal Ini Sebelum Pergi ke Air Terjun Sipiso-piso
Photo :
  • Antara/ Irsan Mulyadi
Air terjun Sipiso-Piso, Kabupaten Karo

VIVA.co.id – Air terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Utara, yang konon katanya di Indonesia juga. Jadi, kamu sudah bisa membayangkan keindahan air terjun tersebut, bukan? Saking indahnya, kamu juga pasti penasaran seperti apa rasanya berada di bawah air terjun itu. Dengan merasakan sensasi mandi di bawah kucuran derasnya air terjun, atau pengin foto-foto selfie yang lazim dilakukan pelancong setiap kali berada di tempat-tempat indah.

Tapi, sebelum kamu menginjakkan kaki ke Air Terjun Sipiso-piso, sebaiknya kamu mengetahui hal-hal penting tentang air terjun tersebut. Air terjun Sipiso-piso berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl dan berada di bawah bukit dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Pengelolaan wisata alam air terjun ini dipegang oleh Pemda setempat, yaitu Pemda Kabupaten Karo. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Jika ingin menelusuri air terjun hingga ke dasar, kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya cukup membuat nyali ciut. Tapi, tidak perlu khawatir. Sepanjang perjalanan menuruni anak tangga, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan, tentu kamu akan berpeluh keringat. Sebaiknya, pakailah baju kaos yang tipis dan celana pendek agar tidak kegerahan. Juga pakai sepatu kets, jangan pakai sepatu wedges atau high heels ya. Nah, karena kamu pakai celana pendek dan kaos, untuk menghindari gigitan nyamuk dan serangga, kamu harus sediakan obat anti serangga berupa spray (semprot) atau oles. Perlu diketahui, gigitan nyamuk dan serangga di sini sadis. Bisa bikin kulit kamu bentol-bentol.

Jangan lupa bawa air minum. Sebaiknya air mineral. Karena, jika air yang bersoda dan minuman yang manis-manis akan cepat membuat kamu kehausan. Jangan lupa bawa makanan ringan atau buah-buahan yang mudah dimakan. Kalau makanan ringan, jangan lupa sampahnya dibawa kembali ya. Masukkan ke dalam tas dan saat tiba di atas kamu bisa membuangnya di tempat sampah. Mari kita sama-sama menjaga kebersihan objek-objek wisata yang kita kunjungi.

Jangan lupa perlengkapan eksis kamu. Ponsel berkamera, kamera, serta power bank. Jangan mencorat-coret dinding bebatuan, kursi, atau apapun yang ada di tempat wisata tersebut. Jangan berbuat mesum, karena kamu harus menjaga tata krama dan sopan santun di alam bebas. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal lain yang perlu diingat, jangan nekat mencebur ke air terjun jika kamu tidak bisa berenang. Juga jangan foto-foto di tempat yang terjal yang bisa membahayakan nyawa kamu. Jika sudah puas berada di dasar air terjun, sebaiknya kembali naik ke atas sebelum senja tiba untuk menghindari kabut tebal yang bisa menghalangi penglihatan kamu saat naik ke atas. Setelah puas berada di air terjun dan hendak meninggalkan lokasi, sebaiknya periksa kembali barang-barang bawaan kamu jangan sampai ada yang tertinggal. (Tulisan ini dikirim oleh Baroezy)