Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 18 Agustus 2017 | 18:25 WIB
  • Desa Bajo Sangkuang Peringati Hari Kemerdekaan di Atas Laut

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Andi Kamal
Desa Bajo Sangkuang Peringati Hari Kemerdekaan di Atas Laut
Photo :
Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun di atas laut.

VIVA.co.id – Bajo Sangkuang, desa yang terletak di Kecamatan Botang Lomang, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara ini menggelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun di atas laut. Di laut yang jarakanya delapan meter dari desa ini didirikan sebuah panggung kayu raksasa.

Panggung tersebut diapungkan dengan menggunakan 80 pelampung styrofoam. Tiap sudut panggung dipasangi jangkar agar panggung tersebut tidak hanyut. Panggung terapung ini juga dilengkapi tiang bendera untuk pelaksanaan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Burhan Ahmad, selaku Kepala Desa Bajo Sangkuang mengatakan peringatan upacara kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun kali ini sengaja dilaksanakan di atas laut. Hal ini karena Suku Bajo dikenal luas sebagai suku nelayan. “Kami, Suku Bajo, sangat mencintai  laut. Laut segalanya bagi kami, karena laut adalah tempat pencarian nafkah bagi mayoritas Suku Bajo yang tersebar di Nusantara,” ujarnya.

Selain itu, dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun ini, Suku Bajo sangat menghargai perbedaan, menjunjung tinggi persatuan Indonesia dan mereka mendukung penuh program pemerintah dalam upaya pelestarian laut Indonesia. (Tulisan ini dikirim oleh Andi Kamal, mahasiswa Botang Lomang)