Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 02:12 WIB
  • Keren, Pameran Kendaran Tua di Denpasar Bali

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Herdian Armandhani
Keren, Pameran Kendaran Tua di Denpasar Bali
Photo :
Bali Classic Motor Show 2.

VIVA.co.id – Puluhan mobil kuno dan antik berjajar rapi di pelataran parkir Lotte Mart di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Mobil-mobil kuno dan antik ini memanjakan mata masyarakat Kota Denpasar dalam rangka Bali Classic Motor Show 2 yang berlangsung dari 14 sampai 23 Agustus 2017.

Acara ini digagas oleh tiga komunitas, di antaranya Perhimpunan Penggemar Motor Tua Indonesia (PPMTI), Himpunan Motor Tua Bali (HMT), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).  Acara ini cukup menyedot perhatian masyarakat Kota Denpasar. Selain karena gratis, pameran kendaraan motor tua dan antik sangat jarang ditemukan di Pulau Bali.

Berbagai kendaraan dengan merek yang cukup terkenal dapat ditemukan di sini. Sebut saja merek Volkwagen seri 2, Moris Moke keluaran tahun 1965, Jeep Overland, Dodge M-37, Land Rover, Ford  Fargo, American Austin, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu mobil yang cukup bersejarah dan pernah digunakan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soerkarno, berjenis Dodge Limousine keluran tahun 1946 juga dipamerkan di sini lengkap dengan hiasan bendera merah putih. Mobil Dodge Limousine ini pun pernah digunakan Ir. Soekarno saat menghadiri Konferensi Asia Afrika di Bandung. Kondisi mobil bersejarah ini boleh dikatakan masih sangat terawat.

Rata-rata bentuk dari mobil tua dan antik yang dipamerkan memiliki ukuran dan onderdil yang berbeda dengan mobil kebanyakan. Ada yang bentuknya memanjang layaknya bus, memiliki roda yang tak lazim, hingga cat pada bodi mobil yang bila dibandingkan dengan jenis mobil modern terkesan tak lazim. Mobil-mobil tua dan antik yang dipamerkan diberi pembatas agar pengunjung tidak menaikinya.

Puas dimanjakan mobil-mobil kuno, tak ketinggalan motor klasik juga dipamerkan di sana. Ada motor Harley Davidson keluaran tahun 1950. Motor Harley Davidson yang dipajang tidak sebesar motor Harley Davidson pada era sekarang. Ukurannnya seperti motor matik namun dengan cc motor yang besar. Sepeda ontel zaman kemerdekaan juga turut menyemarakkan kemeriahan Bali Classic Motor Show 2.

Pengunjung dapat membeli merchandise berlatar mobil kuno di stan yang telah disediakan panitia. Merchandise dijual dari harga Rp50 ribu sampai Rp200 ribu. Merchandise yang dijual untuk pengunjung di antaranya kaos, tas, hiasan magnet mobil, dan gantungan kunci.

Pengunjung yang berkunjung ke acara ini tak ketinggalan untuk berfoto dengan mobil-mobil kuno di sana. Bima Praseto, salah satu pengunjung pameran mobil kuno mengatakan bahwa dirinya takjub melihat mesin dan bentuk dari mobil kuno. “Keren dan unik sekali mobil-mobil di pameran ini. Kita, generasi millennial, jadi lebih paham tentang berbagai macam bentuk dan mesin mobil zaman dahulu,” ungkapnya. (Tulisan ini dikirim oleh Herdian Armandhani, Denpasar, Bali)