Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 30 Agustus 2017 | 11:34 WIB
  • Masjid Tua di Balapulang Tegal Akhirnya Dapat Direnovasi

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Sinta Guslia
Masjid Tua di Balapulang Tegal Akhirnya Dapat Direnovasi
Photo :
Masjid Tua di Balapulang, Tegal.

VIVA.co.id – Rumah Yatim melalui program renovasi masjid dan musala akan terus berupaya membantu memperbaiki, melayakkan, dan memperindah tempat ibadah masyarakat Muslim Indonesia. Bantuan yang digulirkan pun beragam. Seperti bantuan semen, pasir, cat, kayu, toren, pipa, dan masih banyak lagi.

Bantuan yang disalurkan sesuai dengan bahan yang sedang dibutuhkan masjid. Biasanya tim dari Rumah Yatim akan melakukan survei agar mengetahui material apa saja yang sedang dibutuhkan masjid tersebut. Sudah ratusan masjid yang tersebar di beberapa kota sampai pelosok desa telah merasakan manfaat dari program ini.

Salah satu masjid yang sudah merasakan manfaat dari program renovasi masjid dan musala Rumah Yatim adalah Masjid Baiturrohman yang terletak di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Masjid tua ini telah mendapat bantuan semen sebanyak 23 sak dari Rumah Yatim cabang Tegal.

“Sejak saya masih kecil, masjid ini sudah ada. Dari ukuran sampai model masih tetap sama. Paling hanya ada yang direnovasi sedikit. Sekarang sudah waktunya direnovasi, diperbesar, dan diperindah agar tidak ada lagi jemaah yang menunggu di luar untuk melakukan salat,” ungkap Paridin, selaku pengurus masjid kepada Syafruddin selaku Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal.

Menurut Syafruddin, sudah setengah tahun masjid ini direnovasi, namun belum ada perubahan secara signifikan yang terlihat dalam proses renovasi tersebut. Setelah ditanyakan kepada Paridin, ternyata dana yang menjadi penyebab terhambatnya renovasi masjid.

“Biaya renovasi masjid ini diperoleh dari dana swadaya masyarakat. Dominan masyarakat di sini bekerja sebagai buruh tani dengan penghasilan pas-pasan. Jadi, untuk mengumpulkan dana yang cukup besar membutuhkan waktu lama,” kata Paridin. “Terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami. Mohon doanya agar proses renovasi ini segera selesai,” tambahnya. (Tulisan ini dikirim oleh Sinta Guslia)