Pramuka Gelar Lomba Gugus Depan Unggul 2017

Lomba Gugus Depan Unggul 2017.
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria SD Tingkat Nasional 2017. Sebanyak 136 Gugus Depan berpangkalan di sekolah dasar seluruh Indonesia mengikuti lomba tersebut.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka setempat diminta menyiapkan empat Gugus Depan (Gudep) pemenang antar kabupaten/kota. Total, ada 136 sekolah mengikuti seleksi.

Tim visitasi (tim penilai) akan turun langsung ke provinsi seluruh Indonesia untuk menilai 136 Gugus Depan berpangkalan di sekolah dasar seluruh Indonesia tersebut. Setiap provinsi akan dipilih satu untuk diikutkan lomba tingkat nasional pada 10-13 Oktober 2017 mendatang.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

“Ini progran Kemendikbud bekerjasama dengan Kwarnas untuk melihat Gudep yang berpangkalan di SD. Tiap Kwarda berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi setempat menyiapkan empat Gudep pemenang antar Kwarcab. Kemudian, dipilih satu untuk lomba di nasional,” ujar Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Kwarnas Gerakan Pramuka, Suyatno, Minggu (26/8).

Suyatno menambahkan, terdapat delapan indikator yang menjadi bahan penilaian tim visitasi. Yaitu manajemen, kegiatan, sarana, peserta didik, kemitraan, kehumasan, administrasi, dan program latihan. Lomba Gugus Depan Unggul tahun ini dinilai berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena menggunakan uji peserta didik.

Bantuan untuk Pesantren Mirrozatul Lombok Barat

Keterampilan peserta didiknya juga diuji. “Sekarang pakai uji peserta didik. Gudep unggul tersebut harus diuji juga keterampilan peserta didiknya. Keterampilan yang dinilai seperti yang ada di SKU,” imbuh Suyatno. (Tulisan ini dikirim oleh Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta)

Ilustrasi.

Pergilah Dinda Cintaku

Maafkan aku yang terlalu berlebihan mencintaimu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018