Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 14:25 WIB
  • Pra TMMD ke-100 Digelar Kodim 0601/Pandeglang

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Fairuz Samodok
Pra TMMD ke-100 Digelar Kodim 0601/Pandeglang
Photo :
Kondisi infrastruktur di Desa Batu Hideung, Pandeglang.

VIVA.co.id – Kodim 0601/Pandeglang dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-100 tahun 2017 melaksanakan Pra TMMD selama 14 hari. Sesuai rencana, pelaksanaan TMMD ke-100 akan dilaksanakan di Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, dengan sasaran berupa sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik meliputi membuka badan jalan sepanjang 3,8 kilometer dengan lebar enam meter dan pembuatan tujuh unit gorong-gorong. Sedangkan untuk sasaran non fisik, meliputi penyuluhan bidang Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum, dan bidang kesadaran bernegara.

Di antaranya kerukunan bermasyarakat, peran masyarakat dalam pembangunan, kerukunan hidup beragama dan perlakuan terhadap lambang negara pasal 30 UUD 1945 tentang Wajib Bela Negara, stabilitas keamanan di daerah, peran serta masyarakat dalam pertahanan negara, PPBN wawasan kebangsaan, bidang Kamtibmas penyuluhan penerangan dengan materi penanggulangan kenakalan remaja dan narkoba, penyuluhan tentang paham radikalisme, serta tertib hukum dan tertib bermasyarakat.

TMMD ke-100 ini sesuai dengan program yang dibuat oleh Mabes TNI yang didanai oleh Pemkab setempat. Menurut rencana, kegiatan akan dibuka secara langsung oleh Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, SE, MM pada 26 September 2017 mendatang. Pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan serentak mulai 26 September sampai dengan 25 Oktober 2017.

Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa mengatakan dihadapkan dengan waktu yang ada serta mengingat kondisi medan yang cukup sulit, sebelum pelaksanaan TMMD dimulai, Kodim 0601/Pandeglang menggelar Pra TMMD selama 14 hari. Terhitung dari 18 sampai 25 September 2017, dengan tujuan agar hasil yang dicapai nantinya dapat selesai tepat pada waktunya dan tentunya dengan kualitas hasil yang memuaskan.

TMMD ini merupakan kegiatan lintas sektoral. Dimana Kodim bekerjasama dengan Pemda setempat membangun suatu desa yang cukup tertinggal dilihat dari sarana infrastruktur jalan. TMMD ke-100 Kodim 0601/Pandeglang ini melibatkan sedikitnya 150 orang personel TNI dengan didanai oleh Pemda Kabupaten Pandeglang. Sedangkan, untuk kegiatan non fisik berupa penyuluhan akan melibatkan dinas-dinas dan instansi terkait Pemkab Pandeglang. (Tulisan ini dikirim oleh Fairuz Samodok, Kodim 0601/Pandeglang)