Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 18 September 2017 | 11:19 WIB
  • Pelajar Muslim se-ASEAN Gelar Gathering di Tabalong

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Usep Mujani
Pelajar Muslim se-ASEAN Gelar Gathering di Tabalong
Photo :
Gathering AMSA.

VIVA.co.id – ASEAN Muslim Students Association (AMSA) Indonesia menggelar Gathering dan International Conference di Aula Pendopo Bupati Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2017, dengan mengusung tema utama Economic Strategy.

Presiden AMSA Indonesia, Safwan Noor menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menggalang persatuan pelajar Muslim se-ASEAN dalam menyikapi persoalan kemanusiaan, perdamaian, kebudayaan, dan pengembangan ekonomi di kawasan ASEAN.

Dengan solidaritas tersebut, ia berharap pelajar se-ASEAN yang tergabung dalam AMSA dapat menjadi duta dakwah bagi negaranya masing-masing.

"Kita semua adalah duta dakwah ASEAN. Karena, pemuda adalah barisan terbaik untuk menjalankan dakwah kemanusiaan, dakwah sosial, dakwah kebudayaan bagi terjaganya solidaritas di kawasan ASEAN," seru Safwan.

Selain itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga yang kehadirannya diwakili oleh Jaya Sutrisno, kepala Bidang Organisasi Kepelajaran, mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan Gathering AMSA.

"Saya ingin menyampaikan pesan dari Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga RI, bahwa ia sangat senang dan mengapresiasi kegiatan Gathering AMSA ini. Kami berharap, AMSA menjadi media pemersatu bagi pelajar Muslim di ASEAN, serta dapat berkontribusi secara riil di ASEAN,” ucapnya.

Ia juga berharap, AMSA yang memiliki perwakilan di setiap negara di ASEAN dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam menyambut ASEAN Games pada 2018 nanti.

Di tempat yang sama, Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani menilai, peranan pelajar sangat penting bagi pembangunan baik nasional maupun di daerah. Ia mengungkapkan, sangat mendukung kegiatan-kegiatan berbasis kepemudaan dan pelajar sebagai bagian dari investasi pembangunan jangka panjang.

"Pemerintah Tabalong sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan AMSA. Pemerintah Tabalong juga sangat terbuka dengan organisasi kepemudaan ASEAN yang ingin ikut serta membangun daerah lewat pembinaan kalangan muda di Tabalong," ungkapnya.

Seperti diketahui, kegiatan Gathering AMSA 2017 dihadiri oleh perwakilan AMSA dari berbagai zona di Indonesia dan AMSA ASEAN. Serta menghasilkan beberapa rekomendasi yang nantinya akan disampaikan secara resmi kepada Pemerintah Tabalong selaku tuan rumah, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemenpora, dan Sekretariat ASEAN di Jakarta. (Tulisan ini dikirim oleh Usep Mujani)