Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 19 September 2017 | 11:32 WIB
  • Pembangunan Butuh Sinergi Baik antara Pemerintah dan Swasta

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Donk Ghanie
Pembangunan Butuh Sinergi Baik antara Pemerintah dan Swasta
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pembangungan Proyek Meikarta

VIVA.co.id – Pembangunan kawasan Meikarta merupakan terobosan baru dalam menghadirkan properti berkelas internasional. Ini dilakukan oleh pengusaha nasional agar Indonesia dapat bersaing dengan kota-kota maju di negara tetangga.

Menurut pemberitaan media, Meikarta yang berlokasi di timur Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini akan menjadi kawasan perkantoran, hunian, tempat perbelanjaan dengan berbagai fasilitas. Seperti pusat kesehatan, pusat pendidikan, tempat ibadah, dan lain-lain yang berdiri di atas lahan seluas 500 hektar. Namun, pembangunan ini sempat mendapat sorotan dari pemerintah daerah dikarenakan perizinan.

Pemerintah daerah memang memiliki kewenangan atas perizinan terkait pembangunan yang dilakukan di wilayah setempat. Tapi sebaiknya, ada titik temu agar pembangunan tidak terhambat. Sinergi antara pemerintah daerah dengan kalangan pengusaha diharapkan dapat terjalin dengan baik agar percepatan pembangunan dapat terlaksana. Guna menjawab kebutuhan masyarakat yang tinggi atas hadirnya hunian dengan harga terjangkau, terbukanya lapangan pekerjaan, dan sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah dari sektor pajak.

Jika pembangunan hanya mengandalkan anggaran pemerintah semata, tentunya kesiapan anggaran memiliki keterbatasan. Karena harus dibagi untuk semua lini pembangunan. Di sinilah peran swasta menjadi penting untuk menopang pembangunan, demi terciptanya iklim ekonomi yang semakin sehat.

Kehadiran swasta dalam pembangunan tidak baik hanya dimaknai secara negatif. Sejatinya banyak hal positif yang dapat diperoleh. Sebagai contoh, kawasan Lippo Karawaci, Lippo Cikarang, Bumi Serpong Damai, Alam Sutera, Summarecon, dan berbagai kawasan lainnya  yang terbukti swasta mampu menjadikan kawasan tersebut semakin menarik dan memberikan multiplier effect bagi daerah setempat.

Artinya, kenyamanan bagi pelaku usaha juga harus diperhatikan agar investasi dapat terus berkembang, termasuk kemudahan yang dapat diperoleh. Terkait hal-hal yang perlu dilengkapi, dapat diselesaikan sesuai dengan aturan yang ada demi kebaikan bersama. Yang terpenting, jangan dipersulit agar iklim investasi dapat tumbuh dengan sehat.

Semoga sinergi antara pemerintah daerah bersama kalangan swasta dapat berjalan dengan baik. Dalam rangka saling menopang guna percepatan pembangunan yang diharapkan dapat berimbas pada kamajuan daerah itu sendiri. (Tulisan ini dikirim oleh Donk Ghanie, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta)