Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 25 September 2017 | 13:20 WIB
  • Kepedulian untuk Pahlawan Kebersihan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Sinta Guslia
Kepedulian untuk Pahlawan Kebersihan
Photo :
Paket sembako untuk tukang sampah.

VIVA.co.id – Rumah Yatim senantiasa memberikan perhatiannya kepada warga-warga kurang mampu, salah satunya adalah warga yang bermata pencaharian sebagai tukang sampah. Pahlawan kebersihan ini selalu menjadi orang yang berperan aktif dalam membersihkan lingkungan sekitarnya. Khususnya asrama-asrama Rumah Yatim, yang salah satunya adalah Asrama Kemang yang senantiasa tertolong oleh kehadiran mereka.

Adalah Jamal, seorang tukang sampah yang pada beberapa kesempatan mendapatkan santunan sembako dari Rumah Yatim. Sudah 17 tahun Pak Jamal menjadi tukang sampah di area Kemang dan sekitarnya. Sebagai tukang sampah, tanpa terikat kontrak dengan pihak pemerintah setempat, Jamal pun tak mendapatkan penghasilan tetap. Namun, meski begitu dia sangat menikmati pekerjaannya yang tidak terikat dengan waktu.

Sebelum menjadi tukang sampah, dia pun pernah menjadi buruh proyek. Namun, karena terikat waktu dan hal lainnya, Jamal pun tak kerasan. Meski menikmati pekerjaannya, tapi tetap ada juga kisah sedih baginya. Yaitu saat dimana warga yang diambil sampahnya tidak membayar pekerjaannya. “Kebanyakan suka telat bayar. Bahkan, ada yang menunggak sampai tiga bulan dan sampai bertahun-tahun belum bayar,” paparnya.

Jamal memiliki beban tanggung jawab seorang istri dan empat orang anak yang masih sekolah di SMK dan SMP dengan biaya yang cukup mahal. Untuk mengurangi beban biaya, Jamal pun tinggal di rumah mertuanya sembari berbakti padanya.

Untuk mengurangi beban tersebut, Rumah Yatim pun memberikan bantuan sembako yang disambut sangat gembira oleh Jamal. Karena dengan bantuan tersebut, Jamal bisa membawa buah tangan untuk anak dan istrinya di rumah. (Tulisan ini dikirim oleh Sinta Guslia)