Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 25 September 2017 | 16:29 WIB
  • Paduan Suara Mahasiswa IPB Raih Juara di FPS XXV ITB 2017

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Humas IPB
Paduan Suara Mahasiswa IPB Raih Juara di FPS XXV ITB 2017
Photo :
Tim paduan suara mahasiswa IPB.

VIVA.co.id – Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian Bogor atau PSM IPB Agria Swara kembali memperkokoh posisinya sebagai salah satu paduan suara mahasiswa terbaik di Indonesia setelah sebelumnya berhasil menjadi pemenang pertama pada kompetisi paduan suara di Northern Ireland, United Kingdom pada 2016 lalu.

Tepatnya melalui Festival Paduan Suara (FPS) XXV Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diselenggarakan pada tanggal 15-19 September 2017, Agria Swara kembali menorehkan prestasi. Yaitu Juara 1 pada kategori Paduan Suara Dewasa Sejenis dengan nilai 84,83. Juara 1 pada kategori Paduan Suara Dewasa Campuran dengan nilai 92,58. Sekaligus menjadi nilai tertinggi dari semua peserta FPS ITB 2017.

Selain itu, atas penghargaan kemampuan menggali puisi dan mengekspresikan musiknya dengan baik, Agria Swara mendapatkan Penghargaan Khusus Interpretasi Lagu Wajib Terbaik.
Pada kategori Paduan Suara Dewasa Campuran, PSM IPB Agria Swara membawakan tiga lagu dari zaman yang berbeda.

Ketiga lagu yang dibawakan yaitu, lagu wajib Senja di Pelabuhan Kecil. Lirik lagu wajib ini merupakan puisi karya Chairil Anwar yang khusus diaransemen oleh Ken Steven untuk Festival Paduan Suara tertua di Indonesia ini. Aus dem Dankliede zu Gott karya F.J. Haydn (1732-1809), kemudian lagu zaman kontemporer berjudul Readymade Alice karya Perttu Haapanen (2011).

Dalam kategori ini, Agria Swara bersaing ketat dengan 15 paduan suara dari berbagai perguruan tinggi dan institusi lainnya di Indonesia. Pada kategori Paduan Suara Dewasa Sejenis, PSM IPB Agria Swara membawakan lagu In Meeres Mitten karya Robert Schumann dan Hosanna karya Knut Nystedt.

Penampilan Agria Swara yang ekspresif, pemilihan program yang atraktif dengan tingkat kesulitan tinggi telah berhasil memukau para dewan juri yang terdiri dari Dorcas Soenarjo, Daud Kosasih, Aning Katamsi, Indra Listiyanto, Christian Tamaela, Avip Priatna, Ken Steven, Joel Navarro (Amerika), dan Lim Ai Hooi (Singapura).

Prestasi PSM IPB Agria Swara ini tidak terlepas dari arahan pelatih, Arvin Zeinullah dan bimbingan Dr. drh R.P. Agus Lelana, SpMP, MSi, serta dukungan institusi tercinta, IPB. Semoga Agria Swara dapat terus mencetak prestasi yang membanggakan. (Tulisan ini dikirim oleh Humas IPB)