Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 11:50 WIB
  • Tingkatkan Kemampuan Humas, Polda Kalbar Gelar Pelatihan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Cucu Safiyudin
Tingkatkan Kemampuan Humas, Polda Kalbar Gelar Pelatihan
Photo :
Pelatihan Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.

VIVA.co.id – Era masa kini, kita dituntut melek terhadap informasi dan teknologi. Karena, jika tidak mengikuti masanya, maka akan ketinggalan dari segala hal. Untuk itulah, sudah suatu keharusan bagi siapapun untuk memahami, mempelajari, dan mempraktikannya.

Baru-baru ini, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, menggelar  elatihan peningkatan kemampuan menulis, teknik MC, fotografi dan desain grafis. Selama  empat hari, 25-28 September 2017, tiga ratusan personel kepolisian di Kalimantan Barat ikut dalam kegiatan tersebut.

Pelatihan ini diprakarsai oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs. Erwin Triwanto, SH yang sekaligus membuka acara tersebut. Jenderal bintang dua itu didampingi Waka Polda Kalbar Amrin Remico, Irwasda Polda Kalbar, dan para pejabat utama Polda Kalbar.

Para pemberi materi didatangkan dari Jakarta yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Nantinya, para peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikanya di jajaran masing-masing.

Semisal soal teknik penulisan pembuatan berita, diharapkan personel polisi mampu membuat berita dari informasi yang ada di sekitar. Ini penting dilakukan, mengingat personel polisi berhadapan langsung dengan masyarakat. Banyak sekali informasi di lapangan, dan sayang jika tidak diinformasikan untuk khalayak publik.

Berbicara soal teknik penulisan, tentu erat kaitannya juga dengan teknik fotografi. Banyak momen di lapangan terlewatkan. Padahal, cukup dengan kamera handphone atau smartphone, kita sudah bisa mendokumentasikannya, baik foto maupun video. Nantinya, jika sudah memahami hal tersebut, tentu masyarakat akan tahu seberapa besar peran polisi di lapangan.

Desain grafis, juga menjadi hal penting. Sebab, dengan desain grafis ini nantinya diharapkan personel polisi mampu mendesain sebuah gambar untuk menangkal informasi-informasi yang sesat. Maka kewajiban personel polisi untuk meluruskannya.

Untuk teknik MC, hal ini juga menjadi penting bagi personel polisi di lapangan. Sebab, mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk menyampaikan sebuah informasi. Terkadang juga, personel polisi menjadi MC dalam sebuah kegiatan masyarakat. Itu dilakukan guna pendekatan pada semua lapisan masyarakat.

Pelatihan ini juga menjadi perhatian Kapolda Kalimantan Barat,  Irjen Pol Drs Erwin Triwanto SH. Kapolda berharap seluruh personel kepolisian di daerah ini dapat memahami, memaknai, serta mempraktikkan semua teori yang sudah disampaikan oleh pemateri.

"Dalam mengelola sosmed, semoga personel Polda Kalbar di jajaran memiliki kemampuan untuk dapat berkomunikasi di sosmed dengan baik," kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs Erwin Triwanto SH. (Tulisan ini dikirim oleh AKP Cucu Safiyudin, S.Sos, SH, MH, Kepala Urusan Liputan Produksi Dokumentasi/Lipprodok Humas Polda Kalimantan Barat)