Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 14:15 WIB
  • Menjelajahi Kota Jenewa dalam Sehari

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Ristiyanti Handayani
Menjelajahi Kota Jenewa dalam Sehari
Photo :
Markas PBB (Palais des Nations), salah satu ikon kota Jenewa.

VIVA – Kota Jenewa adalah salah satu kota yang menjadi tujuan wisata di Negara Swiss. Kota yang berjuluk Kota Diplomatik Internasional ini berbatasan dengan wilayah Negara Perancis. Sehingga tidak heran, bahasa Prancis menjadi bahasa sehari-hari penduduknya.

Ada banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi di sini. Baik museum, tempat bersejarah, gedung-gedung tua, taman kota, dan lain-lain. Namun, bila Anda hanya memiliki waktu sehari di kota ini, maka sempatkanlah untuk mengunjungi tempat berikut ini, yang mudah dijangkau dengan transportasi umum dari stasiun utama di pusat kota.

1. Area Universitas Jenewa

Patung John Calvin di Universitas Jenewa.

Di sini kita bisa menikmati taman kota yang asri, bersih dan indah, gedung-gedung tua yang megah, dan juga patung-patung besar para pemikir, ilmuwan, dan filsuf. Salah satu tokoh yang begitu mudah kita ingat adalah John Calvin yang terkenal dengan ajarannya Calvinisme. Selesai menikmati kenyamanan area Universitas Jenewa, kita cukup berjalan kaki sekitar 700 meter menuju Museum Rousseau.

2. Museum Rousseau

Plakat yang menempel di tembok luar Museum Rousseau.

Jean Jacques Rousseau adalah tokoh pemikir terkenal yang berasal dari Jenewa. Salah satu karya tulis yang berhasil mengharumkan namanya adalah Du Contract Social. Berkunjung ke museum ini kita akan lebih mengenal sosok Rousseau sekaligus perjalanan hidupnya. Dari saat dia dilahirkan pada tahun 1712, kemudian hijrah ke Prancis pada usia 16 tahun, sampai kemudian meninggal di Prancis pada usia 66 tahun. Jean Jacques Rousseau ditetapkan menjadi warga kehormatan Kota Jenewa. Setelah dari museum, kita bisa menuju Markas PBB dengan menggunakan bis atau trem sekitar 10 menit.

3. Markas PBB

Markas PBB (Palais des Nations), salah satu ikon kota Jenewa.

Markas PBB di Jenewa menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Meski kebanyakan wisatawan hanya mengitari tempat ini dari luar atau sekedar berfoto di depan gedung utama dengan deretan tiang bendera dari 193 negara anggota PBB, meski sistem keamanan super ketat, sebenarnya kita bisa masuk dan mengikuti tur Markas PBB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp160 ribu.

Tentunya setelah kita melewati beragam prosedur keamanan yang berlapis. Seperti halnya bila kita mau boardingpass di bandara-bandara internasional, sampai akhirnya kita mendapatkan kartu tanda masuk dengan foto kita yang diambil pada saat itu. Jadwal tur biasanya pukul 10.00-12.00 dan Pukul 14.00-16.00 waktu setempat setiap hari kerja, namun bisa berubah sewaktu-waktu.

Pemandu dari kantor PBB akan mengajak kita berkeliling dan memasuki ruang-ruang konferensi  di dalam gedung utama yang bernama Palais des Nations. Sekaligus juga memberikan penjelasan tentang sejarah dan peran PBB dari masa ke masa. Selesai tur kita bisa sepuasnya berfoto di luar area gedung. Jadi, nikmatilah wisata sejarah di Jenewa dalam sehari! (Tulisan ini dikirim oleh Ristiyanti Handayani)