Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 13:26 WIB
  • Bangkitkan Kembali Imunitas Bangsa Melalui TMMD

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Fairuz Samodok
Bangkitkan Kembali Imunitas Bangsa Melalui TMMD
Photo :
Upacara penutupan TMMD ke-100 Pandeglang

VIVA – Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa, atau TMMD ke-100 Kodim 0601/Pandeglang, telah selesai. Danlanal Banten, Kolonel Laut Rudi Harianto bertindak selaku Inspektur Upacara pada acara penutupan ini. Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Bola Kampung Cipangeran, Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis 26 Oktober 2017.

Kolonel Laut Rudi Harianto dalam sambutannya mengatakan, program TNI Manunggal Masuk Desa, atau TMMD yang saat ini berlangsung untuk yang ke 100 kali, pada hakekatnya adalah sebagai implementasi upaya untuk menggali dan membangkitkan kembali sistem kekebalan tubuh, atau imunitas bangsa.

Pada dasarnya, imunitas bangsa telah melekat secara inheren pada diri bangsa dan terwujud dalam nilai-nilai luhur, serta terangkum dalam falsafah hidup Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat selama pelaksanaan TMMD, baik dalam kegiatan fisik maupun non fisik, diharapkan dapat mengembalikan nilai-nilai luhur yang saat ini terasa semakin terkikis oleh arus globalisasi dan modernisasi. Agar kekebalan tubuh, atau imunitas bangsa Indonesia dapat bertahan dari derasnya ancaman yang semakin sulit untuk diidentifikasi.

Lokasi pelaksanaan TMMD ke-100 ini dilaksanakan di Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu dengan sasaran berupa pembukaan jalan sepanjang 3,8 kilometer dengan lebar enam meter dan tujuh buah gorong-gorong yang menghubungkan dua desa dan dua kecamatan. Yaitu, Desa Batu Hideung, Kecamatan Cimanggu dan Desa Citeluk, Kecamatan Cibitung, dan dilaksanakan selama 30 hari.

Sebelumnya, pada saat upacara pembukaan TMMD ke-100 ini juga digelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pelayanan KB bagi warga sekitar. Serta, pemberian alat olah raga dan buku-buku untuk PAUD di wilayah tersebut.

Sementara itu, hadir pada acara penutupan TMMD ke 100 Kodim 0601/Pandeglang, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, Kapolres Pandeglang Kasiter Korem 064/MY, Kaajendam, Kakudam, Kakumdam, Dansat/Kabalak jajaran Korem 064/MY dan unsur Forkopimda, pejabat Pemda dan dinas atau instansi pemerintah, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan Kecamatan Cimanggu. (Tulisan ini dikirim oleh Fairuz Samodok)