Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 16:31 WIB
  • Pekerjaan Rumah Bangsa Ini yang Tak Kunjung Selesai

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Deni Yusup
Pekerjaan Rumah Bangsa Ini yang Tak Kunjung Selesai
Photo :
  • http://www.spesialtips.com/
Anak-anak miskin di Indonesia.

VIVA – Persoalan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan selalu menjadi persoalan setiap hari di masyarakat. Kebutuhan-kebutuhan yang mesti terpenuhi oleh masyarakat untuk tetap bertahan hidup. Perekonomian saat ini kalau diistilahkan masih adem-ayem. Secara statistik, perekonomian memang meningkat. Tetapi data di lapangan, kesenjangan antara kaya dan miskin semakin jauh. Bahkan, jumlah masyarakat miskin semakin bertambah.

Para pedagang misalnya. Mereka merasakan adanya penurunan daya beli masyarakat terutama sektor tertentu. Persoalan ini perlu solusi cepat dan tepat, agar peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat. Agar kebutuhan terhadap pendidikan dan kesehatan bisa terpenuhi.

Selain melakukan pembenahan infrastruktur, dalam dunia kesehatan dan pendidikan memang yang perlu dilakukan adalah mengubah pola pikir elite dan masyarakat agar sama-sama berpijak pada kepentingan umum. Kekuatan bangsa ini harus dioptimalkan agar persoalan yang hampir setiap saat dan setiap tahun dievaluasi tidak tetap saja seperti itu. Peningkatannya tidak signifikan dan cenderung menurun.

Ini yang perlu kita carikan solusinya. Persoalan atau penyakit apa yang menyebabkan kita lama untuk bangkit. Kita  berharap menjadi negara yang masalah kemiskinan dan pendidikannya bisa teratasi, serta kesehatannya terpenuhi.

Semoga saja, ke depan kita dapat menemukan formulasi yang tepat untuk menjawab semua persoalan tersebut. Tentunya dengan meningkatkan kesadaran dari semua pihak, melakukan tindakan dan kebijakan yang berpihak pada rakyat, dan memiliki nilai jangka panjang untuk kepentingan umum. (Tulisan ini dikirim oleh Deni Yusup, Ketua Kajian PP AMPG)