Mahasiswa Kedokteran UI Raih Penghargaan di Braincoms 2017

Mahasiswa kedokteran UI yang berprestasi di Braincoms 2017.
Sumber :
  • Egia Etha Tarigan

VIVA – Satu lagi prestasi akademik di tingkat internasional berhasil ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Indonesia atau UI. Adalah Madhyra Tri Indraswari, mahasiswi Fakultas Kedokteran UI angkatan 2013 yang meraih penghargaan “Best Poster” atas dua karya ilmiah yang dipresentasikannya pada ajang Brazilian International Congress of Medical Students atau Braincoms 2017.

Ibrahim Malik Gugat UII karena Gelar Mahasiswa Berprestasinya Dicabut

Kedua karya ilmiah tersebut meliputi penelitian terkait Pemberian Stem Cell terhadap Pembuluh Darah Normal dan Perbandingan Teknik Operasi Besar dengan Teknik Laparoscopy Pasca Pengangkatan Colorectal Cancer. Ajang Braincoms 2017 berlangsung pada 19-21 Oktober 2017 di The Universidade Federal de São Paulo, Sao Paulo, Brazil.

Madhyra menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi dengan lebih dari 200 peserta yang berasal dari 23 negara di seluruh dunia. Pada ajang ini, Madhyra mempresentasikan dua buah poster ilmiahnya yang dilombakan dalam bidang Surgery dan Clinical.

Mahasiswi Aceh yang Meninggal sebelum Wisuda Fasih Bahasa Jepang

Poster bidang Surgery berjudul Comparison of Laparoscopic Versus Open Hartmann’s Reversal Procedure: A Systematic Review and Meta-analysis dan poster yang  dilombakan pada bidang Clinical mengambil judul A Randomized Controlled Trial : Effect of Bone Marrow Mesenchymal Stem Cell to Normal Arterial Wall in Normotensive Rats.

Pada poster bidang surgery, Madhyra memaparkan perbandingan operasi  besar dengan teknik laparascopy untuk penyambungan kolon ke anus yang biasanya terpotong setelah pengangkatan colorectal cancer. Dari hasil meta analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa laparoscopy memiliki tingkat morbiditas yang lebih rendah dan hasil operasi lebih aman dibandingkan dengan operasi terbuka. Penelitian ini ia tekuni pada saat belajar di University of Melbourne, Australia program double degree Kelas Internasional FKUI di bawah bimbingan Prof. Alexander G. Heriot, MD, MBA, FRACS.

Mahasiswa, Jangan Kuliah Cuma untuk Mengejar Nilai Akademis

Sedangkan, pada poster ilmiah kedua, Madhyra mempresentasikan hasil penelitiannya berjudul A Randomized  Controlled Trial : Effect of Bone Marrow Mesenchymal Stem Cell to Normal Arterial Wall in Normotensive Rats, dengan melakukan clinical trial kepada tikus Wistar untuk melihat efek pemberian stem cell terhadap pembuluh darah normal (non-hipertensi).

Penelitian yang dibimbing oleh dosen dari FKUI Dr. dr. Setyo Widi Nugroho, SpBS(K) ini menemukan fakta bahwa pemberian stem cell cenderung aman untuk pembuluh darah. Namun, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut dikarenakan terdapat pembuluh darah yang menunjukkan penebalan.

Ajang Braincoms 2017 merupakan salah satu kongres internasional mahasiswa kedokteran terbesar di Amerika Latin. Kegiatan yang mengambil tema Creativity Enriching Medicine ini diselenggarakan sebagai wadah bagi mahasiswa kedokteran internasional untuk bertemu dan mempresentasikan hasil riset mereka, mengikuti workshop yang dibuat dengan menarik, serta mengikuti kuliah inti dari narasumber-narasumber ternama dalam bidang riset kedokteran.

Diharapkan keikutsertaan mahasiswa UI pada ajang kongres internasional ini dapat membuka wawasan dalam meningkatkan pengetahuan akademik, serta menjadi bekal yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di tanah air.

Pencapaian mahasiswa FKUI yang membanggakan ini diharapkan pula dapat menjadi motivasi bagi sivitas akademika FKUI dan FK perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk berani mencoba mengikuti kongres internasional dan mengharumkan pendidikan nasional Indonesia dengan karya-karya yang terus inovatif dan solutif bagi permasalahan bangsa. (Tulisan ini dikirim oleh Egia Etha Tarigan, Universitas Indonesia)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya