Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 11:02 WIB
  • Lomba Pramuka se-Jawa 2017

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Pradila Maulia
Lomba Pramuka se-Jawa 2017
Photo :
Lomba Perkemahan Pramuka Penggalang 2017.

VIVA – Pramuka merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat membentuk karakter generasi muda. Seperti kata Bung Karno sejak puluhan tahun lalu, bahwa terdapat tiga cara dalam mendidik anak menjadi pribadi yang baik. Yakni pertama melalui keluarga, kedua melalui sekolah, serta yang ketiga melalui pramuka.

Menyadari pentingnya kegiatan pramuka bagi generasi pemuda, maka SMART Ekselensia Indonesia berinisiatif untuk menyelenggarakan Lomba Perkemahan Pramuka Penggalang (LP3) se-Jawa. Pelaksanaan LP3 2017 bukan merupakan agenda perdana, sebab sejak tahun 2015 SMART Ekselensia Indonesia secara rutin melaksanakan agenda ini setiap tahunnya.

Diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai daerah di Pulau Jawa, LP3 akan dilaksanakan selama dua hari, 18-19 November 2017. Upacara Pembukaan LP3 dimulai pada 18 November 2017, jam 08.00 pagi. Yasin Zainuddin, dari Kwarda Jawa Barat menjadi pembina upacara.

“Kalian berkumpul di sini dari berbagai daerah, tentunya akan menemukan beragam budaya, bahasa dan karakter yang berbeda-beda. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan mendapatkan teman sebanyak-banyaknya, serta saling bertukar pikiran satu sama lain,” ucap Yasin pada pidatonya.

Agung Pardini, selaku GM SMART Ekselensia Indonesia, dalam pidato sambutannya yang berapi-api turut menyampaikan pesan kepada para peserta LP3. “Kalian berada di tanah milik Allah SWT, sebab tanah ini merupakan tanah wakaf. Semoga keberkahan wakaf dapat membentuk karakter Pramuka dalam diri kalian. Sebab darma utama seorang Pramuka adalah takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itu, setiap azan berkumandang, kalian harus meninggalkan segala aktivitas dan bergegaslah untuk salat berjamaah. Satu hal penting dari kegiatan LP3 ini bukan hanya soal menang dalam pertandingan, namun tentang pembangunan karakter,” jelas Agung dengan penuh semangat.

Acara LP3 juga turut dibuka dan dihadiri oleh Imam Gunawan, selaku Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI. Dengan pembawaan  santai dan bersahabat, ia menjelaskan bahwa sangat mengapresiasi dan menyambut bahagia dengan pelaksanaan kegiatan LP3 ini. Bahkan, Imam berharap agar kegiatan ini dapat secara konsisten dilaksanakan oleh SMART Ekselensia Indonesia.

“Pihak Kemenpora RI turut mendukung kegiatan LP3 dengan memberikan piala bergilir Kemenpora untuk acara ini. Hal ini berarti, SMART Ekselensia Indonesia punya tanggung jawab untuk menyelenggarakan acara ini secara konsisten. Saya berharap kalian yang menjadi peserta dapat terus berpartisipasi dalam kegiatan LP3 di tahun-tahun mendatang serta mengajak teman-teman kalian yang lain untuk ikut berpartisipasi,” kata Imam Gunawan dalam sambutannya.

Terdapat sepuluh cabang lomba yang akan ditandingkan dalam LP3 2017. Sebanyak 300 lebih siswa yang terbagi kedalam 38 regu akan saling bertanding untuk menjadi yang terbaik. Akan dipilih juara umum dan juara favorit yang akan mendapatkan uang pembinaan, sertifikat jalur prestasi, serta piala Kemenpora RI sebagai hadiah utama. Semoga rangkaian kegiatan LP3 dapat membentuk karakter para peserta agar menjadi pemuda dengan jiwa pramuka sejati. Salam pramuka! (Tulisan ini dikirim oleh Pradila Maulia)