Ramai-ramai Bikin Produk Ramah Lingkungan

Ban
Sumber :
  • google.com

VIVAnews - Bukan hanya kendaraan yang bisa berperan dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan. Sejumlah perusahaan ban juga ramai-ramai mengikutinya.

Setelah Bridgestone memperkenalkan Ecopia EP100A yang diklaim sebagai ban hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, dalam ajang Indonesia International Motor Show 2010, Dunlop juga memboyong Enasave 97.

Dunlop menyatakan, ban ini tidak hanya ramah lingkungan saat pemakaian. Bahkan pada proses produksi Enasave 97 telah menggunakan 97 persen bahan baku bukan berbahan dasar fosil, sehingga lebih ramah lingkungan. Emisi CO2 saat pemrosesan produksi juga berkurang 1 persen.

Saat digunakan Enasave bisa mengurangi gesekan hingga 35 persen. Tentunya akan membuat tingkat efisiensi bahan bakar meningkat. Selain itu, tingkat pembuangan CO2 juga berkurang.

Demikian juga saat ban itu sudah tidak dipakai. Rasio biomassa sebanyak 57 persen akan memudahkan ban ini terurai.CO2 pun bisa berkurang hingga 94 persen.

Meski begitu, ban ini masih sangat mahal. "Harganya bisa 3 kali lipat dari ban biasa," kata SPG yang tidak mau disebutkan namanya. "Ini karena ban-ban ini masih diimpor dari Jepang."

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya
Nagita Slavina

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Minuman yang telah dicicipi Nagita Slavina itu lalu ditawarkan ke Raffi Ahmad, dan ternyata langsung diberikan kepada Sus Rini, pengasuh Rayyanza.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024