Jakarta Macet, City Car Siap Gusur MPV

Macetnya Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Fernando Randy

VIVAnews - Kemacetan yang terus meningkat di Jakarta membuat mobil tujuh penumpang atau lebih, dinilai tak lagi cocok untuk kegiatan sehari-hari. Situasi ini, membuat pengguna mobil multi fungsi alias MPV memilih mobil lain.

Lalu apa pilihannya? Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan, kemacetan di Jakarta akan berdampak pada pergeseran domisasi mobil MPV ke city car. "Saat ini sehari-hari sudah tak cocok lagi menggunakan kendaraan yang berbodi besar,” kata Amelia di Jakarta, Kamis 11 Agustus 2011.

Menurut dia, saat ini pasar otomotif, khususnya di Jakarta, lebih membutuhkan kendaraan yang lincah. Sehingga pilihan city car lah yang paling tepat. “Bagi orang berpendidikan tinggi tentu akan memilih city car untuk berkendaraan setiap harinya, selain hemat BBM dan cocok untuk kondisi macet karena bodi ramping serta kecil,” ungkap Amelia.

Meski demikian, bukan berarti jenis MPV tidak menjadi primadona lagi.  Mobil MPV akan lebih banyak digunakan untuk akhir pekan. Kapasitas penumpangnya yang cukup banyak, menjadikan mobil ini cocok untuk berlibur bersama keluarga.

PT Astra Daihatsu Motor Indonesia berupaya terus menggenjot segmen mobil city car. New Sirion merupakan salah satunya. “Sirion gerenasi pertama hanya ditargetkan 100 unit per bulan, tapi untuk generasi kedua, kami target 500 unit,” katanya.

Seperti diketahui All New Sirion dirilis dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 di Jakarta. Dari eksterior, tampilan All New Sirion tampil fresh di semua aspek. Terlihat dari ubahan di gril, headlamp,  bentuk pintu dan kaca, serta rear lamp dan bumpernya. Mobil ini memiliki mesin VVTI bervolume 1.300 cc berdaya 90 daya kuda. All New Sirion dibandrol Rp139,5 juta pada tipe manual, dan Rp150,5 juta model otomatis.

“New Sirion di Malaysia bisa terjual 8-9 ribu unit per bulan. Jelas ini segmen terus berkembang,” ujarnya. "Ke depan Sirion bersama city car lain, seperti Nissan March, Kia Picanto, dan Suzuki Splash akan jadi primadona di jalanan macet." (eh)

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024