Mobil Rp900 Ribu, Larinya 400 Km/Jam

Mobil jalanan legal tercepat di dunia
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Vauxhall Victor milik Andy Frost berhasil menjadi mobil jalanan legal tercepat di dunia. Mobil berkelir merah itu mampu menempuh seperempat mil (400 meter) hanya dalam waktu enam detik, dengan kecepatan maksimal 402 km/jam.

Dilansir harian Daily Mail, Jumat 8 Juni 2012, Frost membeli Vauxhall Victor hanya seharga 60 pound sterling atau sekitar Rp900 ribu di tahun 1980. Mobil yang telah dimodifikasi itu bisa melesat dari posisi diam ke 100 km/jam dalam waktu 1 detik.

Frost memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh seseorang asal Amerika. Dia menyelesaikan seperempat mil dalam 6,59 detik pada kecepatan 354 km/jam di garis finish.

"Ini adalah proyek yang sudah berjalan 29 tahun, Saya selalu mencoba untuk memperbaiki dan meningkatkan performa mobil," kata 
pria asala Wolverhampton, Inggris.

Dirinya mengaku telah menghabiskan hampir biaya 4.000 pound sterling atau sekitar Rp58 juta per tahun untuk mengembangkan mobilnya.

"Saya tidak pernah pergi ke pub atau menghabiskan uang pada hal-hal sepele. Saya hanya menghabiskan semua ke mobil," kata dia.

Pria 50 tahun ini telah mengabdikan lebih dari 1.600 jam untuk bersusah payah mengerjakan mobil sport tersebut di garasinya. Diperkirakan dia telah menghabiskan biaya lebih dari pound sterling 100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar.

Di bawah kap mesin mobil Vauxhall Victor terbenam mesin V8, yang dikombinasikan dengan dua turbo. Kekuatan mesin itu memberikan dongkrakan untuk mencapai kecepatan puncak dalam hitungan detik.

Meskipun mobil ini dirancang untuk balapan, Frost masih menggunakannya di jalan raya, bahkan mengantar ketiga anaknya ke sekolah.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024