Mobil Murah Toyota Agya Sudah Diproduksi, Kapan Dijual?

Toyota Agya
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) hingga saat ini masih dinanti-nanti. Para produsen otomotif mengaku sudah siap meluncurkannya, namun masih menunggu regulasi dari pemerintah.

Toyota Astra Motor (TAM), misalnya, mengaku telah mulai memproduksi mobil murah Toyota Agya sejak Oktober 2012 . Mobil itu diproduksi di pabrik baru mereka di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

"Setiap bulan sudah produksi. Kasihan kalau tidak ada produksi sebab pabriknya sendiri sudah siap sejak Oktober tahun lalu," kata Johnny Darmawan, Presiden Toyota Astra Motor, saat ditemui di acara media gathering, di Plaza Bapindo, Sudirman, Jumat 8 Februari 2013

Hanya saja, Johnny sendiri belum bersedia membeberkan berapa jumlah produksi mobil kembaran Daihatsu Ayla itu.

Johnny mengaku bahwa regulasi mobil murah saat ini tengah dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan menunggu keputusan Presiden. "Kabarnya sudah masuk DPR dan sebenarnya tinggal tanda tangan presiden saja," kata Johnny.

Johnny juga berharap bahwa regulasi mobil murah segera diterbitkan pada kuartal pertama tahun ini."Kalo bisa secepatnya, satu-dua bulan lagi," katanya.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Toyota Agya sendiri pertama dikenalkan TAM sejak September 2012. Rencananya mobil yang dibanderol kurang dari Rp100 juta itu bakal hadir dalam 3 jenis, yaitu TRD-S, High-Grade (G) dan Medium-Grade (E). Varian TRD-S akan dilengkapi dengan aerokit depan, belakang, samping, emblem dan sticker TRD-S.

Sedangkan untuk yang tipe G akan hadir dengan desain eksterior yang dilengkapi dengan grill radiator dan molding pelindung samping.

Kedua tipe ini juga akan dilengkapi dengan fitur chrome, AC register, 2 Din Audio CD, MP3, USB, Aux, chrome parking brake knob, dan sistem power steering.

TRD S dan High Grade (G) akan menonjolkkan spoiler belakang dengan desain Sporty, elektrik outer mirror, desain chrome door outside handle dan side protective moulding, 6 spokke alloy wheel 175/65 R14, headlamp, serta foglamp dengan aksesoris krom.

Untuk warna, Toyota akan menghadirkan warna putih, silver metalik, hitam, abu-abu metalik, dan biru muda. Toyota Agya juga hadir dalam warna ekslusif Toyota, dark blue metallic.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024