Becak Listrik Masa Depan Ala Toyota

Toyota i-Road
Sumber :
  • Inautonews.com
VIVAnews
Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli
- Toyota memamerkan Personal Mobility Vehicle (PMV) yang diberinama i-Road di Geneva Motor Show 2013. Tak cuma ramah lingkungan, kendaraan ini diklaim mampu menerobos kemacetan.

Stok Motor Bekas Berlimpah saat Pertengahan Tahun, Ini Penyebabnya

Dilansir
Nikita Mirzani Ajak Perempuan Berani Sudahi Hubungan Toxic
Inautonews , Selasa 5 Maret 2013, kendaraan yang mirip dengan helicak--angkutan masyarakat yang banyak ditemukan di Jakarta pada tahun 1970-an ini, memiliki tiga ban dengan penggerak listrik.


Kendaraan berdimensi panjang 2.350 mm, tinggi 1.445 mm, lebar 850 mm, dan jarak sumbu roda 1.700 mm dibekali baterai lithium-ion untuk menggerakan 2KW mesin, yang dipasangkan di roda depan dengan tenaga masing-masing 2,7 PS


Pengisian baterai dapat dilakukan selama tiga jam, dengan daya jelajah mencapai 48,2 km. Toyota i-Road dapat membawa dua orang penumpang, posisinya berada di bawah atap pelindung, layaknya sebuah kabin. Jadi penumpangnya tidak memerlukan helm seperti menaiki sebuah motor.


Uniknya, pengemudi tidak perlu menurunkan salah satu kaki dalam menjaga keseimbangan. Pasalnya, suspensi depan menggunakan
lean actuator
dan
gir
. Komponen itu disambungkan pada jangkar (yoke) ke roda depan. Konstruksi ini dibuat agar saat menikung i-Road tetap stabil.


Teknologi yang disebut dengan
Active Lean
dikontrol dari
Electronic Control Unit
(ECU). Gyro-sensor mendeteksi sudut belokan setir dan kecepatan saat menikung, lalu data dikirim ke ECU.

 

Toyota mengklaim i-Road akan berperan penting untuk mengurangi kemacetan karena bentuknya yang ringkas. Selain itu dapat mengurangi polusi udara. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya