Suzuki Indonesia Kena Imbas Konflik Yaman

Suzuki pikap
Sumber :
  • Indianautoblog

VIVA.co.id - Imbas konflik yang terjadi di Yaman rupanya tak hanya menimpa perusahaan mobil PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Tetapi, juga terjadi pada perusahaan otomotif asal Jepang lain, yakni Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

Suzuki memang mempunyai pabrik yang memproduksi beberapa modelnya di Indonesia, salah satunya adalah yang terletak di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

4W Sales, Marketing & DND Director PT SIS, Davy J Tuilan, membenarkan bahwa sejak konflik berlangsung, terjadi permasalahan dalam pendistribusian untuk beberapa negara di Timur Tengah, dan Yaman khususnya.

Cari Diskon Mobil Suzuki? Berikut Daftarnya

“Tapi, tidak semuanya. Untuk ke Yaman kami ekspor model pikap,” ujar Davy kepada VIVA.co.id, Kamis 23 April 2015.

Meski demikian, Davy menyatakan bahwa hal tersebut tidak serta merta membuat penjualan model pikap ke Yaman langsung dibatalkan, ataupun mengalami kenaikan harga, akibat jalur distribusi yang akan ditempuh menjadi lebih jauh.

Ratusan Mobil di Diler Suzuki Dijarah, Bangunan Dibakar

“Yang pasti, sampai saat ini kami masih komunikasi (dengan Suzuki Yaman), jika terjadi sesuatu,” ujarnya.

Sebelumnya, distribusi PT TMMIN ke Yaman disebutkan mengalami kendala, di mana kapal pengirim mobil Toyota akan berlabuh di salah satu pelabuhan aktif di Yaman tidak dapat bersandar, dan akhirnya berbalik arah.

Konflik di Yaman terjadi setelah kubu pemberontak Houthi melengserkan Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi pada Maret 2015. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya