Canggih, Mobil Ini Bisa Diparkir Tanpa Lihat Kaca Spion

All New Nissan X-Trail.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita.
VIVA.co.id -
Mobil Karya Anak Negeri Juara Kompetisi di Filipina
Salah satu keunggulan teknologi yang disematkan pada All New Nissan X-Trail adalah fitur Around View Monitor (AVM). Dengan adanya fitur AVM, maka pengendara dapat memarkirkan mobil tanpa melihat kaca spion ataupun menengok ke belakang.

Mobil Unik Audi dengan Enam Pintu Kepergok Tengah Mengaspal

"Dengan mengandalkan fitur AVM yang disematkan di All New Nissan X-Trail, maka pengemudi dengan mudah memarkirkan mobil. Bahkan, dalam kondisi kaca depan, belakang dan samping ditutup, pengemudi masih dapat memarkirkan mobilnya dengan aman," kata General Manager Marketing Strategi PT Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin, di Yogyakarta, Sabtu 19 September 2015.
Ini Mobil Mahal yang Kerap Jadi Bahan Olok-olok


Budi menjelaskan, AVM merupakan fitur terbaru di dalam All New X-Trail tipe 2.0L CVT, 2.5 CVT dan 2.0L Hybrid yang terdapat kamera
super wide-angle
kecil yang diletakkan di depan, samping dan belakang kendaraan yang memudahkan pengendara melihat obyek sekitar secara 360 derajat. Pengemudi dengan mudah dapat memilih beberapa tampilan sekaligus
close up
objek di depan monitor pengemudi sehingga tidak ada lagi blind spot saat memarkirkan kendaraan.


"Kalau mudah kendaraan All New X-Trail dilengkap kamera seperi pesawat drone," ujarnya.


Teknologi AVM pada All New Nissan X-Trail yang diluncurkan sejak September 2014 yang lalu diakui hanya dimiliki oleh All New Nissan X-Trail dan kendaraan sekelas All New Nissan X-Trail seperti Honda All New CRV belum menyematkan teknologi tersebut.


"Sayangnya, memang banyak konsumen yang belum mengetahui fitur tersebut sehingga PT NMI melakukan
road show
memperkenalkan fitur AVM di berbagai kota di Indonesia termasuk Yogyakarta," ungkapnya.


PT NMI, kata Budi, dalam memperkenal fitur AVM tersebut dengan menggelar acara "X-Trail Blind Parking Challenge". Pengemudi ditantang untuk memarkirkan mobil dengan kaca depan, samping kanan dan kiri serta belakang ditutup sehingga pengemudi hanya memarkirkan mobil dengan melihat layar di dalam mobil untuk memarkirkan mobil secara aman.


"Memang pada awalnya akan sulit, namun setelah mencoba AVM beberapa kali akan mudah memarkirkan mobil," tuturnya.


Heri, salah satu warga Yogya yang mengikuti "X-Trail Blind Parking Challenge" mengaku agak kesulitan pada awalnya, apalagi mobil yang digunakan matic.


"Agak kaku karena jarang pakai mobil matic. Namun, setelah mencoba beberapa kali sangat mudah memarkirkan mobil dengan fitur AVM," katanya.


Objek yang terlihat di monitor yang ada di dalam sangat terang dan terlihat dari semua sudut. Namun, sayang monitor terlalu kecil.


"Dengan usia saya yang lebih 50 tahun tentunya penglihatan obyek butuh layar yang lebih besar sehingga terlihat lebih jelas," imbuhnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya