SPBU Nakal Rempoa Colong 2 Liter Setiap Pengisian 20 Liter

SPBU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Kecurangan atas konsumen di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Raya Veteran Rempoa, Bintaro, Jakarta Selatan kini tengah menjadi perhatian publik. Setelah dilakukan pemeriksaan, SPBU Rempoa terungkap telah mengurangi jumlah takaran mesin dispenser BBM.

Serepot Ini Sepeda Motor Injeksi Kalau Kehabisan Bensin

Kecurangan SPBU ini diungkap oleh Tim Subdit Sumber Daya Lingkungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus dari Polda Metro Jaya. Hal itu juga dibenarkan dengan hasil pengukuran yang dilakukan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan lewat Unit Pengelola Metrologi, Kamis 9 Juni 2016.

Dari data yang diperoleh, Kepala Unit Pengelola Metrologi dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan DKI Jakarta, Johan Taruma Jaya, mengatakan setiap pengisian 20 liter, maka hampir 2 liter berhasil dimanipulasi SPBU nakal tersebut.

Pria Ini Lempar Ular Kobra ke Kantor SPBU, Ternyata Ini Alasannya

"Terus terang kami akui cara mereka canggih, karena dengan jarak jauh, bisa dengan remote mengaktifkan atau mengurangi takaran. Kurang lebih dari 20 liter itu hampir 2 liter, 1,6 sampai 1,8 liter," ungkap Johan.

Sadar akan teknik penipuan yang ditemuinya merupakan modus baru, Johan mengatakan bila pihaknya saat ini akan mencari cara untuk membokar teknik yang sama. Karena bukan tidak mungkin teknik ini juga dilakukan SPBU lainnya.

Kerugian Isi Bensin di SPBU 'Abal-abal'

"Ini adalah pelajaran untuk kami karena adanya penambahan alat dan teknologi yang sudah ada saat ini, mereka bisa memperdaya kami semua," kata Johan yang juga dibenarkan Kepala Subdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Adi Vivid.

"Mereka menggunakan remote, kalau lampu nyala berarti normal, kalau mati berarti sedang dimainkan," kata Adi Vivid.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya